Instagram Rilis Fitur Baru untuk Kembalikan Akun yang Dibajak

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Kembalikan Akun yang Dibajak

ADVERTISEMENT

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Kembalikan Akun yang Dibajak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 19 Des 2022 06:30 WIB
Fitur baru Instagram untuk bantu kembalikan akun yang dibajak
Instagram Rilis Fitur Baru untuk Kembalikan Akun yang Dibajak Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram merilis beberapa fitur baru untuk meningkatkan keamanan akun pengguna. Salah satunya website untuk mengembalikan akun Instagram yang dibajak.

Anak perusahaan Meta itu meluncurkan situs Instagram.com/hacked, fitur baru untuk melaporkan dan menyelesaikan masalah terkait akun. Fitur ini ditujukan untuk membantu pengguna korban pembajakan akun yang kesulitan mengakses akunnya.

Situs ini akan sangat berguna jika pengguna tidak bisa login ke akunnya. Pengguna bisa meminta bantuan untuk memulihkan akun yang dibajak, melaporkan akun peniru, lupa password, atau kehilangan akses untuk autentikasi dua faktor (2FA).

Setelah memilih salah satu masalah yang dihadapi, pengguna cukup mengikuti instruksi yang ada di layar agar bisa mengakses akunnya kembali. Jika pengguna memiliki beberapa akun Instagram, mereka juga bisa memilih akun yang bermasalah.

Selama ini memulihkan akun Instagram yang dibajak bukan perkara mudah. Pada tahun 2018, Motherboard melaporkan beberapa pengguna terpaksa membayar tebusan ke hacker untuk mendapatkan akunnya kembali.

Selain itu, Instagram juga merilis fitur keamanan di mana pengguna yang kesulitan login bisa meminta dua temannya untuk mengonfirmasi identitasnya, seperti dikutip dari The Verge, Senin (19/12/2022).

Dua teman yang dipilih diberi waktu 24 jam untuk merespons permintaan verifikasi tersebut. Jika permintaan diterima, Instagram akan memberikan opsi kepada pemilik akun untuk me-reset password.

Instagram juga mengatakan akan menelusuri cara untuk menghentikan pembajakan akun sebelum terjadi. Salah satu caranya adalah mengirimkan peringatan kepada pengguna jika mereka diikuti oleh akun yang mungkin meniru orang lain.

Terakhir, Instagram juga akan menampilkan centang biru untuk akun yang sudah diverifikasi di lebih banyak tempat. Selain di profil, centang biru juga akan ditampilkan di Stories, DM, dan feed.



Simak Video "Instagram Luncurkan Fitur Notes untuk Update Status di Direct Message"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT