WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru, Video Call Hingga 32 Orang

WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru, Video Call Hingga 32 Orang

ADVERTISEMENT

WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru, Video Call Hingga 32 Orang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 15 Des 2022 12:00 WIB
Fitur baru WhatsApp
WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru, Ada Video Call Hingga 32 Orang Foto: Dok. WhatsApp
Jakarta -

WhatsApp merilis tiga fitur baru dan beberapa peningkatan yang fokus untuk panggilan grup. Fitur-fitur baru ini sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp di Android dan iOS.

Fitur pertama adalah video call grup dengan 32 partisipan, empat kali lebih banyak dibandingkan batas maksimal sebelumnya. Fitur ini pertama kali diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg bulan lalu dan akhirnya diluncurkan.

Sebelumnya WhatsApp sudah meluncurkan fitur panggilan suara grup dengan 32 peserta. Baik panggilan grup dalam bentuk suara atau video sama-sama dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Fitur kedua adalah opsi untuk mengirimkan pesan dan membisukan partisipan dalam panggilan grup. Caranya dengan menekan dan tahan salah satu partisipan yang ada di layar untuk membesarkan feed audio atau videonya.

WhatsApp kemudian akan menampilkan menu pop-up yang memungkinkan pengguna untuk membisukan peserta panggilan tersebut atau mengirimkan pesan sambil tetap berada di panggilan grup.

Fitur ketiga adalah call links di mana pengguna bisa membagikan link kepada orang lain untuk bergabung dalam panggilan suara atau video di WhatsApp. Cara kerjanya kurang lebih mirip seperti link undangan Zoom atau Google Meet.

Selain tiga fitur baru di atas, WhatsApp juga membagikan sejumlah peningkatan untuk panggilan grup demi pengalaman yang lebih mulus. Misalnya, saat video call grup WhatsApp akan menunjukkan waveform warna-warni jika orang yang berbicara tidak mengaktifkan kameranya.

Selain itu, WhatsApp juga akan menampilkan notifikasi di bagian bawah layar yang akan muncul saat ada partisipan baru yang bergabung ke panggilan grup, seperti dikutip dari blog WhatsApp, Kamis (15/12/2022).

WhatsApp juga sedang menguji coba fitur picture-in-picture di iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna mengecilkan layar video call WhatsApp agar bisa mengakses aplikasi lain tanpa menghentikan panggilan. Fitur ini sedang dalam tahap uji coba beta dan akan diluncurkan tahun depan.

WhatsApp menekankan semua panggilan, baik audio maupun video, sudah terlindungi enkripsi end-to-end secara default. Anak perusahaan Meta ini juga berjanji akan terus menghadirkan pembaruan di tahun depan.

[Gambas:Youtube]



(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT