Bagaimana Agar Kita Tidak Terlihat Online di WhatsApp? Ini Caranya

Bagaimana Agar Kita Tidak Terlihat Online di WhatsApp? Ini Caranya

ADVERTISEMENT

Bagaimana Agar Kita Tidak Terlihat Online di WhatsApp? Ini Caranya

Benedictus Adhitia - detikInet
Jumat, 09 Des 2022 20:44 WIB
Cara Menonaktifkan Status Online di WA, Dijamin Berhasil!
Ini cara tidak terlihat online di WhatsApp (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Bagi kalian pengguna WhatsApp tentunya tidak asing dengan status yang tertera pada bilah profil di bawah kolom nama pada bagian chat. Terkadang hal ini memberikan ketidaknyamanan ketika beraktivitas.

Menyembunyikan last seen atau status online di WhatsApp dapat membantu menghindari chat yang tidak perlu saat beraktivitas. Lalu, bagaimana agar kita tidak terlihat online di WhatsApp? Simak, penjelasannya di bawah ini.

Sebelum membahas langkah-langkah mematikan status online di WA, ada baiknya kita memahami beberapa indikator yang terdapat di aplikasi chatting WhatsApp.

Indikator Pesan di WhatsApp

Setiap aplikasi chatting biasanya memiliki indikator ketika sebuah pesan yang dikirimkan berhasil atau gagal tersampaikan. Indikator ini biasanya dilambangkan dengan simbol-simbol. Berikut penjelasannya.

  • Simbol jam: Pesan belum terkirim dari HP kalian
  • Centang 1: Pesan terkirim ke server WA
  • Centang 2: Pesan sudah disampaikan ke penerima
  • Centang 2 berwarna biru: Penerima pesan sudah membaca pesan

Hal ini menjadi indikator bagi pengirim pesan ketika ingin mengetahui pesan yang dikirimkannya telah dibaca atau bahkan gagal terkirim.

Indikator Online di WhatsApp

Hal berikutnya yang perlu kalian ketahui adalah beberapa indikator pada status WA yang menunjukkan bahwa seseorang sedang online. Setidaknya, terdapat 2 indikator yang bisa terlihat oleh orang lain ketika kalian sedang online.

  • 'Online', pada pengaturan default kata online akan tersemat di status kalian jika kalian sedang membuka aplikasi chatting WhatsApp. Orang lain yang sedang menggunakan WA dan memiliki nomor kontak kalian akan bisa melihat status tersebut.
  • 'Last seen', kata ini akan tersemat beberapa saat setelah kalian menutup aplikasi pesan WhatsApp. Status last seen juga menginformasikan kapan kalian online secara detail. Misalkan, 'Last seen today at 19:22'. Status tersebut menandakan bahwa kalian terakhir kali terlihat online pada hari ini, tepatnya pukul 19:22.

Detikers, banyak dari kalian tentunya sering merasa tidak nyaman atau tidak leluasa dalam beraktivitas ketika gerak-gerik kalian diketahui. Maka dari itu, detikINET coba berikan langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk menonaktifkan status online. Di bawah ini langkah-langkahnya.

Menonaktifkan Status Online pada WhatsApp

Perlu diketahui bahwa status 'online' kalian hanya bisa dilihat oleh nomor kontak yang sudah kalian simpan dan mereka juga menyimpan kontak kalian. Berikut cara menonaktifkan status online dan last seen di WA:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP kalian
  2. Klik pengaturan, dilambangkan dengan titik tiga
  3. Pilih 'Settings' atau 'Setelan'
  4. Pilih 'Privacy' atau 'Privasi'
  5. Kemudian, pilih opsi 'Terakhir dilihat dan online'
  6. Terdapat beberapa pilihan yang bisa kalian pilih kepada siapa status online bisa dibagikan
  7. Pilihlah salah satu dari pilihan tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian
  8. Selesai

Pada pengaturan 'Siapa yang dapat melihat ketika saya online' bisa disamakan dengan settingan last seen. WhatsApp secara default membagikan status online dan last seen pada semua kontak.

Selain itu, kalian juga bisa mengustomisasi kontak yang diizinkan untuk melihat status online dan last seen. Perlu diketahui juga, bahwa ketika kalian memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini, maka kalian juga tidak akan bisa melihat status online dan last seen dari kontak lain.

Detikers, itu dia langkah-langkah ketika kalian ingin menonaktifkan atau mematikan status online dan last seen agar tidak terlihat orang lain.



Simak Video "WhatsApp Kabulkan Permintaan Pengguna yang Tak Ingin Terlihat Online"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT