11 Layanan Translate Bahasa Indonesia-Inggris Terbaik Selain Google Translate

11 Layanan Translate Bahasa Indonesia-Inggris Terbaik Selain Google Translate

ADVERTISEMENT

11 Layanan Translate Bahasa Indonesia-Inggris Terbaik Selain Google Translate

Dhea Alvionita - detikInet
Rabu, 30 Nov 2022 16:30 WIB
Cropped shot of a woman using a smartphone while relaxing on the sofa at home
11 Layanan Translate Bahasa Indonesia-Inggris Terbaik Selain Google Translate. Foto: iStock
Jakarta -

Tahukah detikers, ternyata bukan hanya pelajar saja yang biasa menggunakan aplikasi translate, tetapi hal tersebut juga berlaku untuk berbagai kalangan. Yuk, cek aplikasi translate Indonesia-Inggris terbaik dalam artikel ini!

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia. Untuk itu, Google Translate hadir sebagai teman baik bagi jutaan manusia. Bahkan aplikasi ini sendiri, bisa memberikan kemudahan untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya.

Untuk menyiasati lebih lanjut, selain Google Translate, ternyata ada 11 layanan penerjemah bahasa terbaik versi detikINET yang bisa kamu coba. Kabar gembiranya, aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis dan tidak memerlukan pihak ketiga lho.

Berikut adalah 11 layanan penerjemah bahasa terbaik seperti yang telah dirangkum melalui berbagai sumber, Rabu (30/11/2022).

1.iTranslate

iTranslate merupakan layanan penerjemah bahasa selain Google Translate yang memungkinkan penggunanya untuk menerjemahkan bahasa Indonesia-Inggris ataupun 100 bahasa lainnya.

Layanan translate tersebut juga tersedia melalui situs web maupun dalam bentuk aplikasi. Jika menggunakan aplikasi iTranslate, maka pengguna dapat menerjemahkan bahasa secara offline dengan lebih dari 250 kalimat yang standar.

Selain berbentuk teks, aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk mengakses kamus dan layanan translate dari berbagai bahasa dengan menggunakan audio yang berupa percakapan suara.

2.DeepL Translator

Aplikasi DeepL Translator adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan selain Google Translate. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi lainnya karena hanya dapat menerjemahkan situs web secara otomatis berupa dokumen dengan format (.docx, .pdf dan.ppt) saja.

Sayangnya, aplikasi ini hanya mendukung lebih dari 28 bahasa dan mendukung dua jenis opsi, yaitu teks terjemahan dan file terjemahan. Namun, jika kalian ingin mendapatkan hasil yang akurat terutama, aplikasi ini wajib jadi pilihan.

3.Yandex Translate

Yandex Translate juga merupakan layanan translate Indonesia-Inggris. Aplikasi ini mampu menerjemahkan total 95 bahasa yang ada di dunia dan mampu menerjemahkan sampai 10.000 kata.

Tak hanya itu, Yandex Translate terdapat fitur yang cukup menarik seperti voice input, on screen keyboard dan auto spelling yang biasa digunakan untuk memperbaiki tulisan yang kurang sesuai (typo).

Sama halnya dengan Google Translate, aplikasi Yandex Translate juga bisa menerjemahkan bahasa asing melalui sebuah gambar. Jika pada Google translate terkenal dengan fitur Goggle lens.

4.Bing Translator

Layanan translate Indonesia-Inggris selain Google Translate berikutnya adalah Bing Translator. Aplikasi yang didukung oleh Microsoft tersebut mampu menerjemahkan hingga 5.000 karakter dan dilengkapi oleh fitur pendeteksi otomatis. Sehingga para penggunanya terbantu untuk mengetahui bahasa asli dari sumber sebelum diterjemahkan ke bahasa lainnya.

Selain itu, Bing Translator juga menyediakan layanan translate yang terdiri atas 60 bahasa. Para pengguna juga bisa menikmati aplikasi tersebut dengan menggunakan offline mode loh. Sehingga tidak akan memakan kuota yang banyak ketika mengakses aplikasi Bing Translator ini.

5.Microsoft Translator

Layanan translate Indonesia-Inggris lainnya ialah Microsoft Translator yang memungkinkan penggunanya untuk menerjemahkan bahasa ke lebih dari 50 bahasa. Aplikasi ini bisa menerjemahkan melalui teks bergambar, tangkapan layar, teks, dan suara.

Sesuai namanya, aplikasi ini adalah layanan milik Microsoft yang bisa dinikmati secara gratis maupun berbayar. Para penggunanya juga bisa mengakses hasil terjemahan dalam kondisi offline mode.

6.SayHi Translate

Selanjutnya, aplikasi translate Indonesia-Inggris selain Google Translate adalah Say Hi Translate. Meskipun gratis, aplikasi ini berfokus pada suara atau tuturan lisan. SayHi translate juga memiliki banyak pilihan bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Asia, Arab, bahkan hingga Afrika.

Dalam fitur Tap To Talk atau Conversation, kalian akan mendapatkan kemudahan untuk mengetahui pengucapan yang tepat dalam suatu bahasa tertentu. Selain itu, dengan menggunakan fitur Image, maka kalian bisa menerjemahkan dalam bentuk gambar pula.

7.Oxford Dictionaries

Oxford Dictionaries disebut-sebut sebagai aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris pesaing Google Translate. Aplikasi yang dahulunya hanyalah sebuah kamus Oxford, kini sudah bisa dinikmati secara daring lho detikers.

Lantaran tampilannya yang sederhana, aplikasi Oxford Dictionaries ini banyak peminatnya. Meski terkesan sederhana, aplikasi ini juga memberikan deskripsi yang jelas pada setiap mengenai kata yang dicari.

Tak kalah canggih dengan aplikasi lain, Oxford Dictionaries dilengkapi dengan fitur tambahan yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengetahui tata bahasa Indonesia yang baik, tips penulisan bahasa, peribahasa, dan lain sebagainya.

8.Bab.la Translator

Aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris berikutnya adalah Bab.la Translator. Dimana aplikasi tersebut berupa portal online yang hanya bisa diakses menggunakan layanan internet saja. Bab.la menawarkan terjemahan dalam berbagai bahasa, mulai dari bahasa kolokial, ekspresi bahasa daerah, hingga kosakata. Fitur yang terdapat dalam aplikasi Bab.la, yaitu sinonim, cara pengucapan, contoh kalimat, tampilan yang jelas dan lain-lain.

9.Translate.com

Translate.com merupakan salah satu aplikasi translate dengan grammar terbaik dan terakurat selain Google Translate. Sama halnya dengan penerjemah umumnya, situs Translate.com bisa menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Dalam situs ini, terdapat tiga jenis translate yang bisa kalian pilih, yaitu teks, suara dan gambar. Jadi, apabila kalian memiliki dokumen dengan bahasa asing dan ingin diterjemahkan, aplikasi Translate.com adalah jawaban yang cocok.

10. Babylon Translator

Babylon Translator adalah aplikasi resmi dari Babylon untuk Android yang menggunakan puluhan kamus daring dan memiliki jumlah 1.700 glosarium. Babylon Translator juga telah menyediakan lebih dari 77 bahasa dan telah mendukung beberapa sistem operasi Windows dan Mac.

11. Sederet

Aplikasi translate Indonesia-Inggris terakhir adalah Sederet. Dimana aplikasi tersebut merupakan aplikasi penerjemah bahasa buatan anak Indonesia lho. Namun, untuk saat ini aplikasi Sederet hanya bisa menerjemahkan bahasa Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris dan Inggris-Inggris.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi Sederet bukan hanya sebagai layanan penerjemah saja. Melainkan menyediakan situs web khusus yang berisi percakapan bahasa Inggris, tata bahasa, grammar, cara mengikuti ujian TOEFL yang dilengkapi dengan berbagai artikel di dalamnya.

Demikianlah 11 aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris terbaik selain Google Translate. Detikers, kira-kira adakah aplikasi translate lainnya yang lebih baik? Jika kalian menemukannya silakan tulis jawaban kalian di kolom komentar ya!



Simak Video "Google Translate Kembangkan Penerjemah Bahasa Isyarat"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT