WhatsApp Rilis Komunitas, Fitur Baru untuk Satukan Banyak Grup

ADVERTISEMENT

WhatsApp Rilis Komunitas, Fitur Baru untuk Satukan Banyak Grup

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 03 Nov 2022 14:00 WIB
Jakarta -

WhatsApp akhirnya merilis fitur Komunitas setelah pertama kali diumumkan pada bulan Maret lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat Komunitas yang menjadi wadah untuk beberapa grup sekaligus.

Fitur Komunitas bisa menyatukan beberapa grup terkait dalam satu tempat. Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia Esther Samboh mengibaratkan fitur Komunitas seperti majalah dinding atau papan pengumuman di sekolah.

"Jadi kalau kita bayangin secara fisik kita masuk ke sekolah kita bisa lihat di papan pengumumannya tersebut, terus kita bisa melihat kelas-kelas yang ada, terus kita bisa juga melihat ruang guru, ruang ekskul musik, atau ekskul olahraga tertentu," kata Esther dalam media briefing virtual.

"Nah ruangan-ruangan ini adalah grup-grup yang nanti akan ada di Komunitas di WhatsApp dan itu visinya adalah supaya kita sebagai anggota Komunitas ada pemahaman tentang ada grup apa saja di sini," sambungnya.

Esther mencontohkan fitur Komunitas di WhatsApp cocok untuk berbagai kelompok, mulai dari sekolah, perumahan atau apartemen, kantor, dan lain-lain. Satu komunitas di WhatsApp bisa menampung hingga 50 grup sekaligus dan Grup Pengumuman bisa diisi hingga 5.000 anggota.

Karena jumlah anggotanya yang semakin banyak, Komunitas di WhatsApp akan dilengkapi dengan Grup Pengumuman secara default di mana hanya admin yang bisa memposting informasi di grup tersebut. Esther mengatakan Grup Pengumuman ini dibuat agar tidak ada informasi penting yang tenggelam karena respons yang membanjir dari anggota lain.

Esther menekankan satu grup WhatsApp hanya bisa ditautkan dengan satu Komunitas saja. Selain itu, anggota Komunitas tidak bisa sembarangan mengintip isi grup lainnya. Pengguna tetap bisa melihat daftar grup yang tergabung dalam satu Komunitas, tapi jika ingin melihat isinya mereka harus bergabung dengan grup tersebut dan mendapatkan persetujuan admin.

Admin juga akan memiliki lebih banyak tools untuk membantu memoderasi grup dan Komunitas yang dikelola. Admin komunitas bisa menghubungkan grup baru dan membuat grup baru di Komunitas.

Admin komunitas dan admin grup bisa menghapus grup dari Komunitas, tapi hanya admin komunitas yang bisa menghapus akun dari Komunitas dan mengubah informasi Komunitas. Admin grup juga bisa menghapus konten yang tidak pantas untuk semua anggota grup.

Untuk melengkapi fitur Komunitas, WhatsApp juga akan merilis beberapa fitur baru yaitu kirim file hingga 2GB, polling dalam chat grup, panggilan video hingga 32 orang, dan menambah kapasitas grup hingga 1.024 orang. Meski anggota grup dan Komunitas akan membuat percakapan di WhatsApp jadi makin luas, Esther menekankan bahwa semua percakapan di WhatsApp tetap aman dan tidak bisa diintip oleh siapapun.

"Enkripsi dari ujung ke ujung atau end-to-end encryption itu kan tetap in place dan WhatsApp akan tetap menjadi platform yang private conversation, pembicaraan sifatnya pribadi," pungkasnya.

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT