WhatsApp Luncurkan Fitur Call Links, Apa Itu?

WhatsApp Luncurkan Fitur Call Links, Apa Itu?

ADVERTISEMENT

WhatsApp Luncurkan Fitur Call Links, Apa Itu?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 27 Sep 2022 18:28 WIB
WhatsApp Call Links
WhatsApp Luncurkan Fitur Call Links, Apa Itu? Foto: Dok. WhatsApp
Jakarta -

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur bernama Call Links. Fitur baru itu memungkinkan pengguna membagikan link undangan untuk bergabung dengan panggilan telepon, mirip seperti link untuk bergabung ke panggilan Zoom atau Google Meet.

Fitur baru ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dalam postingannya di Facebook, Zuckerberg mengatakan pengguna WhatsApp kini bisa membagikan link untuk panggilan telepon hanya dengan sekali ketuk.

"Kami menggulirkan call links di WhatsApp mulai pekan ini sehingga Anda dapat membagikan tautan untuk memulai panggilan dengan satu ketukan," kata Zuckerberg dalam postingannya, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (27/9/2022).

Fitur untuk membagikan link panggilan ini berlaku untuk panggilan suara dan video. WhatsApp sebenarnya sudah membagikan teaser untuk membagikan link panggilan dengan 32 partisipan sejak bulan April lalu.

Zuckerberg juga mengatakan WhatsApp sedang menguji coba fitur panggilan video terenkripsi dengan 32 partisipan. Saat ini WhatsApp membatasi jumlah partisipan panggilan video sebanyak delapan orang.

Pengguna WhatsApp mulai bisa mengakses fitur Call Links pada pekan ini. Fitur ini dapat diakses dengan membuka tab Calls di aplikasi WhatsApp lalu klik banner 'Create call link' yang ada di bagian paling atas. Setelah link dibuat, pengguna bisa membagikannya dengan keluarga dan teman untuk bergabung dengan panggilan yang sedang berlangsung.

Sayangnya, fitur baru ini tidak memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menjadwalkan panggilan suara atau video. Belum diketahui juga bagaimana jika pengguna membagikan link kepada orang lain yang tidak memiliki akun WhatsApp.

Dengan kapasitas partisipan panggilan suara dan video yang semakin besar, WhatsApp langsung menjadi pesaing Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams.

Layanan panggilan video itu memang memiliki kapasitas yang lebih besar, misalnya 100 partisipan untuk Google Meet dan Teams serta 300 untuk Zoom. Tapi ketiganya memiliki batasan durasi panggilan untuk akun gratis.

WhatsApp sendiri terbilang lebih unggul karena sudah menjadi pilihan medium komunikasi miliaran orang di seluruh dunia. WhatsApp juga tidak menyebut batasan untuk durasi panggilan, jadi cocok untuk pengguna yang mencari layanan panggilan video gratis.



Simak Video "Perbedaan WhatsApp Grup dengan Komunitas "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT