Cara Pakai Twitter Circle, Fitur Baru yang Mirip Close Friend Instagram

ADVERTISEMENT

Cara Pakai Twitter Circle, Fitur Baru yang Mirip Close Friend Instagram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 31 Agu 2022 11:45 WIB
Ilustrasi Twitter
Cara Pakai Twitter Circle, Fitur Baru yang Mirip Close Friend Instagram Foto: Associated Press
Jakarta -

Setelah lama dinanti, Twitter akhirnya merilis fitur Circle secara global untuk pengguna Android, iOS, dan web. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa saja yang bisa melihat cuitannya, mirip seperti fitur close friend di Instagram.

Pengguna Twitter kini bisa menambahkan hingga 150 orang di Circle, baik itu follower atau bukan. Jika pengguna membagikan cuitan hanya untuk Circle yang dibuat, maka pengguna lain di luar Circle tidak akan bisa melihat cuitan tersebut.

Pengguna yang masuk dalam sebuah Circle akan melihat badge khusus berwarna hijau di bawah sebuah cuitan yang mengindikasikan bahwa cuitan tersebut hanya tersedia untuk kelompok tersebut dan tidak tersedia di timeline publik.

"Kalian bisa memilih siapa yang ada di Twitter Circle kalian, dan hanya individu yang kalian tambahkan yang bisa melihat, membalas, dan berinteraksi dengan Tweets yang kalian bagikan di Circle," kata Twitter dalam postingan blognya, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (31/8/2022).

Cara membuat Twitter Circle mudah saja, masih sama seperti membuat cuitan biasa tapi dengan satu langkah ekstra.

  • Buka aplikasi Twitter lalu klik tombol + di sudut kanan bawah dan klik tombol Tweet dengan logo bulu
  • Twitter akan menampilkan halaman pop up yang mengenalkan fitur Circle, klik 'Get Started' untuk memulai lalu klik 'Got it'
  • Twitter akan meminta kalian memilih hingga 150 orang untuk dimasukkan ke dalam Circle
  • Klik 'Add' untuk menambahkan pengguna ke dalam Twitter Circle, atau 'Remove' untuk menghapusnya
  • Jika kalian kelewatan halaman yang mengenalkan Twitter Circle, cukup pilih jenis audiens dengan klik tombol 'Public' yang ada di sudut kiri atas lalu pilih Twitter Circle dan pilih edit jika kalian belum memasukkan orang-orang ke dalam Circle
  • Ketik cuitan yang ingin diunggah dan post seperti biasa.

Oh ya, kalian juga bisa mengedit daftar anggota Circle langsung dari menu utama tanpa perlu membuka tweet composer. Caranya buka menu utama di aplikasi Twitter dengan klik foto profil kalian lalu pilih Twitter Circle.

Pengguna tidak akan mendapatkan notifikasi jika mereka dimasukkan atau dihapus dari Twitter Circle. Selain itu Twitter juga tidak mengizinkan pengguna meninggalkan sebuah Circle, jadi kalau tidak ingin bergabung lagi satu-satunya opsi adalah dengan unfollow, mute, atau memblokir pengguna yang membuat Circle tersebut.

Fitur baru ini tentu bisa membantu pengguna Twitter untuk mendapatkan lebih banyak kontrol privasi tanpa membuat akun mereka sepenuhnya private. Tapi, konten yang kalian bagikan dengan Circle tetap harus tunduk pada pedoman komunitas Twitter dan orang lain yang masuk ke dalam Circle juga bisa screenshot cuitan rahasia kalian.



Simak Video "Twitter Uji Coba Fitur 'Circle', Hanya Orang Pilihan yang Bisa Lihat Cuitanmu"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT