Kirim Chat Rahasia di WhatsApp Bakal Lebih Aman Berkat Fitur Baru Ini

ADVERTISEMENT

Kirim Chat Rahasia di WhatsApp Bakal Lebih Aman Berkat Fitur Baru Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Agu 2022 06:45 WIB
─░stanbul, Turkey - January 24, 2015: Hand holding a iPhone 5s displaying Whatsapp application on a white background. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc.
Kirim Chat Rahasia di WhatsApp Bakal Lebih Aman Berkat Fitur Baru Ini Foto: iStock
Jakarta -

CEO Meta Mark Zuckerberg belum lama ini mengumumkan tiga fitur privasi baru untuk Whatsapp. Salah satunya adalah fitur blokir screenshot yang akan memudahkan pengguna mengirimkan pesan rahasia.

Fitur blokir screenshot ini hanya berlaku untuk foto yang dikirim lewat fitur view once atau sekali lihat. Karena sifatnya hanya bisa dilihat sekali, foto atau video tersebut akan langsung menghilang setelah dibuka.

Meski hanya bisa dibuka sekali, penerima pesan masih bisa screenshot foto atau video tersebut untuk kemudian disimpan. Nah, demi privasi tambahan bagi pengguna yang sering membagikan foto atau video sekali lihat, WhatsApp mengembangkan fitur blokir screenshot.

Dalam pengumumannya, Zuckerberg tidak mengungkap kapan fitur blokir screenshot ini akan diluncurkan. Tapi dari bocoran WABetaInfo, sepertinya fitur ini akan dirilis dalam waktu dekat.

WABetaInfo sudah melihat bukti kehadiran fitur di WhatsApp untuk Android. Mereka mengunggah screenshot yang memperlihatkan layar pop-up berisi peringatan tentang foto atau video sekali lihat.

Fitur baru WhatsAppTampilan pesan pop up soal foto sekali lihat Foto: WABetaInfo

Dalam pesan pop-up itu, WhatsApp menjelaskan bahwa foto atau video sekali lihat akan langsung menghilang dari chat setelah ditutup. Foto atau video itu juga tidak bisa dibagikan, diteruskan, disalin, disimpan, atau di-screenshot, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (22/8/2022).

Tentu saja penerima pesan masih bisa mengambil foto dari media yang diterima menggunakan kamera atau ponsel lain. Perlu diketahui bahwa saat penerima pesan mencoba mengambil screenshot akan secara otomatis diblokir, tapi pengirim pesan tidak akan menerima notifikasi.

Saat ini fitur blokir screenshot masih dikembangkan oleh WhatsApp untuk Android dan iOS. Belum diketahui kapan fitur ini akan diuji coba secara publik dan dirilis untuk semua pengguna.

Selain fitur blokir screenshot, WhatsApp juga sedang menyiapkan dua fitur privasi baru yang sudah lama dinantikan oleh pengguna. Fitur pertama adalah meninggalkan grup tanpa diketahui anggota grup lainnya yang akan segera diluncurkan.

Fitur kedua adalah opsi untuk menyembunyikan status online pengguna dari kontak tertentu. Fitur tersebut akan dirilis dalam bulan ini.



Simak Video "Fitur Baru di WhatsApp Ini Mudahkan Pengguna Kirim Chat Rahasia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT