Twitter Uji Coba Fitur Status Ala MySpace

ADVERTISEMENT

Twitter Uji Coba Fitur Status Ala MySpace

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 02 Agu 2022 20:17 WIB
Ilustrasi Twitter
Twitter Uji Coba Fitur Status Ala MySpace Foto: Associated Press
Jakarta -

Twitter sedang rajin menguji coba fitur baru belakangan ini. Fitur terbaru yang sedang mereka uji coba adalah Status, yang sekilas mirip seperti fitur di platform media sosial jadul.

Status ini terlihat seperti badge yang berada di atas cuitan. Beberapa status yang bisa dipilih antara lain 'Spoiler alert', 'Shower thoughts', 'Picture of the Day', dan yang sedikit kurang berguna 'Current status'.

Saat ini pengguna Twitter tidak bisa membuat status sendiri alias custom. Pengguna hanya bisa memilih dari daftar status yang sudah disediakan oleh Twitter.

"Untuk waktu yang terbatas, kami menguji coba fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan topik status dari daftar yang telah ditentukan ke Tweet Anda untuk menyediakan lebih banyak konteks bagi follower Anda," kata juru bicara Twitter, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (2/8/2022).

"Jadi apakah Anda akan membagikan utas Twitter, berbagi pemikiran, atau mengalami hari Senin yang buruk, cuitan Anda bisa menyampaikan apa yang Anda alami," sambungnya.

Twitter mengonfirmasi bahwa uji coba ini dilakukan secara terbatas di Amerika Serikat dan Australia, tapi mereka tidak menjelaskan seberapa besar grup yang dilibatkan dalam uji coba ini.

Fitur ini sebelumnya pernah ditemukan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong. Saat itu Status bisa disematkan di cuitan atau profil pengguna. Tapi di uji coba terbaru ini Status hanya bisa dimasukkan di satu cuitan saja.

Jika salah satu Status ini diklik, pengguna bisa melihat cuitan lain yang menggunakan kata-kata yang sama. Tapi sepertinya bagian ini tidak dimoderasi oleh Twitter karena beberapa pengguna yang ikut uji coba ini mengaku menemukan beberapa konten pornografi saat mengklik salah satu status.

Beberapa pengguna Twitter mengeluhkan fitur baru ini karena dianggap tidak berguna. Sebagian besar juga menyamakannya dengan fitur yang sudah ada di media sosial lawas seperti MySpace, LiveJournal, dan AIM.

Twitter saat ini sedang menguji banyak fitur secara berbarengan, sehingga membuat pengguna pusing. Beberapa di antaranya adalah Collab Tweets, Twitter Circle, dan downvoting yang sudah diuji coba sejak lama tapi belum digulirkan.

Belum diketahui kapan Twitter akan merilis fitur Status. Biasanya uji coba terbatas seperti ini dilakukan untuk mengetahui reaksi pengguna, dan jika tidak sesuai dengan harapan bisa saja fitur ini dibatalkan.



Simak Video "Twitter Kembangkan Fitur Tombol Subtitle Video"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT