Gawat, WhatsApp Uji Fitur Buat Lihat Siapa yang Tinggalkan Grup

ADVERTISEMENT

Gawat, WhatsApp Uji Fitur Buat Lihat Siapa yang Tinggalkan Grup

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 06:15 WIB
─░stanbul, Turkey - January 24, 2015: Hand holding a iPhone 5s displaying Whatsapp application on a white background. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc.
WhatsApp Uji Coba Fitur untuk Lihat Anggota yang Tinggalkan Grup Foto: iStock
Jakarta -

WhatsApp kembali menyiapkan fitur baru untuk grup. Setelah menambah batas maksimal anggota grup, WhatsApp kini mengembangkan fitur untuk melihat daftar anggota yang meninggalkan grup. Tentu ini bukan kabar baik bagi yang ingin meninggalkan grup diam-diam, padahal fitur itu pun sedang dikembangkan WhatsApp.

Kehadiran fitur ini dilaporkan oleh WABetaInfo yang menemukannya di update WhatsApp beta untuk iOS versi 22.16.0.70. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk beta tester.

WABetaInfo mengatakan fitur ini sebenarnya sudah terungkap saat mereka mengumumkan fitur untuk meninggalkan grup WhatsApp secara diam-diam tanpa diketahui anggota grup lainnya, kecuali admin.

Meski begitu, semua anggota grup masih bisa melihat siapa partisipan yang meninggalkan grup lewat fitur 'Past participant'. Fitur ini sebelumnya pernah muncul di changelog WhatsApp beta untuk Android, dan kini fitur yang sama sedang dikembangkan untuk iOS.

Fitur baru WhatsApp untuk lihat anggota yang tinggalkan grupFitur baru WhatsApp untuk lihat anggota yang tinggalkan grup Foto: WABetaInfo

Lewat update ini, WABetaInfo juga menemukan informasi tambahan soal fitur Past participant. Dari screenshot yang diunggah WABetaInfo, pengguna WhatsApp di iOS bisa melihat daftar anggota yang meninggalkan grup dengan membuka bagian Past participant yang ada di dalam info grup.

Tapi daftar ini hanya akan memuat nama-nama anggota yang meninggalkan grup dalam 60 hari terakhir. Artinya, nama anggota yang meninggalkan grup akan dihapus dari daftar ini setelah 60 hari, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (25/7/2022).

Jadi kalau WhatsApp sudah meluncurkan fitur untuk meninggalkan grup secara diam-diam pengguna tidak bisa kabur dan menghilangkan jejaknya begitu saja karena admin masih akan mengetahui dan namanya akan masuk dalam daftar past participant.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis. Mungkin fitur ini akan digulirkan bersamaan dengan opsi meninggalkan grup secara diam-diam yang sudah lama dinantikan pengguna WhatsApp.

Bicara soal fitur yang banyak diminta pengguna, WhatsApp juga sedang mengembangkan opsi untuk menyembunyikan status online pengguna lewat pengaturan privasi terbarunya.



Simak Video "5 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Coba! "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT