5 Aplikasi untuk Dengarkan Lagu MP3 yang Kamu Suka

ADVERTISEMENT

5 Aplikasi untuk Dengarkan Lagu MP3 yang Kamu Suka

Hanif Hawari - detikInet
Kamis, 07 Jul 2022 10:38 WIB
Ilustrasi MP3
Ilustrasi aplikasi untuk dengarkan MP3 lagu Foto: Shutterstock
Jakarta -

MP3 adalah sebuah file audio yang memiliki kompresi baik sehingga ukuran berkasnya bisa relatif kecil. Kebanyakan masyakarat mungkin mengetahui MP3 sebagai sebuah file lagu yang bisa didengarkan tanpa gambar.

Pada zaman dahulu, masyarakat sering mendengarkan lagu hanya menggunakan MP3. Belum ada aplikasi pemutar musik seperti sekarang ini.

Tahun 90-an hingga 2000-an ponsel yang digunakan masyarakat belum secanggih sekarang. Mau tak mau, mereka harus membeli walkman, iPod, atau MP3 player.

Namun, sejak adanya smartphone, MP3 player tidak berlaku lagi. Masyarakat bisa streaming di ponselnya masing-masing melalui YouTube atau aplikasi streaming pemutar musik.

Ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk mendegarkan MP3 lagu yang kita sukai. Berikut 5 Aplikasi tersebut:

1. Spotify

Spotify adalah layanan penyiaran musik yang cukup terkenal. Aplikasi ini menyediakan variasi lagu, bahkan yang sedang viral di media sosial.

Layanan Spotify tersedia gratis dan premium jika pengguna tak ingin terganggu iklan. Tarif premium paling murah adalah Rp 2.500.

2. Joox

Joox adalah aplikasi yang serupa dengan Spotify. Layanan ini memiliki fitur yang Joox Room, yang memungkinkan interaksi antar pengguna.

Selain bisa untuk download MP3 legal, Joox juga menampilkan lirik lagu karya tiap musisi. Layanan ini memudahkan pengguna yang ingin ikut bernyanyi.

Joox juga memiliki paket langganan untuk pengguna VIP. Biaya RP 7000 untuk satu bulan pertama. Sedangkan biaya pada bulan berikutnya dikenakan Rp 49.000.

3. YouTube Music

YouTube sekarang sudah memiliki aplikasi YouTube Music. Aplikasi ini dibuat khusus hanya untuk mendengarkan MP3 saja.

YouTube Music juga menawarkan layanan premium, sehingga pengguna bisa menikmati lagu tanpa iklan. Tentunya kualitas MP3 tak perlu diragukan.

Untuk satu bulan pertama, YouTube Music memberikan gratis percobaan. Pada bulan berikutnya pengguna dikenakan biaya Rp 49.000/bulan.

4. Apple Music

Apple Music juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi layanan musik lainnya. Hanya saja, Apple Music hanya ada di gerai musik iTunes.

Layanan ini juga tersedia khusus untuk pengguna Apple dengan berlangganan lebih dulu. Tarif satu bulan berlangganan adalah Rp 49.000.

5. Resso Music

Resso Music adalah aplikasi streaming musik yang bisa menghasilkan cuan untuk penggunanya. Kamu bisa mendapatkan uang sambil mendengarkan musik.

Caranya gampang, cukup mengundang teman untuk bergabung. Potensi uang yang didapatkan sebesar Rp 50 ribu untuk setiap orang yang berhasil diajak menggunakan Resso Music.

Harga berlangganan Resso Music berbeda pada setiap pengguna hp. Untuk pengguna Android dikenakan biaya Rp49.900/bulan dan untuk pengguna iOS Rp59.900/bulan.



Simak Video "'Comeback'! Media Pemutar Musik Winamp Siapkan Perubahan Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT