Kokikan, Aplikasi Bantu Pasarkan Bisnis Makanan Rumahan

ADVERTISEMENT

Kokikan, Aplikasi Bantu Pasarkan Bisnis Makanan Rumahan

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 30 Jun 2022 18:31 WIB
Kokikan
Foto: Kokikan
Jakarta -

Punya niat membuka bisnis makanan rumahan tapi bingung memasarkannya? Banyak pelaku bisnis memanfaatkan media sosial atau dapat mencoba menggunakan aplikasi Kokikan.

Ervina Chandra, Marketing Specialist PT Delco Jaya, menjelaskan Kokikan merupakan aplikasi jual beli makanan rumahan ke tetangga. Aplikasi ini memberikan solusi bagi yang ingin menambah penghasilan dengan berjualan hasil masakan sendiri.

"Tidak usah bingung dengan promosi dalam berjualan, Kokikan dapat memperluas customer mereka, karena akan mendapatkan pembeli yaitu tetangga-tetangga yang belum mereka kenal," jelas Ervina, Kamis (30/6/2022).

Aplikasi Kokikan dapat diunduh gratis di Play Store atau App Store. Setelah ter-install lakukan registrasi dengan memasukkan nomor handphone, email dan nama.

Untuk bergabung sebagai Cook, sebutan pengguna yang menjual makanan rumahan, ada sejumlah persyaratan yang harus disiapkan, yakni:

  • Foto KTP
  • Foto dapur
  • Data diri

Setelah berhasil verifikasi, pengguna dapat mulai menjual masakannya di Kokikan dan menyajikannya untuk orang-orang di sekitar tempat tinggal.

Kokikan memiliki dua sistem pemesanan, yakni Eat now dan Pre-order. Eat now adalah sistem dimana para user memesan makanan dan akan segera dimasak oleh Cook.

KokikanKokikan Foto: Kokikan

Sedangkan sistem pre-order dimana User bisa memesan dari jauh hari dan akan dikirimkan pada hari yang ditentukan. Untuk pengiriman, karena Kokikan menggunakan konsep neighborhood / tetangga, pengguna dapat mengantar sendiri pesanan ke pelanggan, mengingat lokasi pelanggan hanya akan berada di sekitar lingkungannya.

"Untuk sekarang, Kokikan tidak memakai sistem radius, tapi per-apartment. Jadi user dan Cook dalam satu apartment bisa melakukan transaksi jual-beli, walaupun mereka berbeda tower apartment," ungkap Ervina.

Kokikan mengaku tidak memungut biaya jika tidak ada transaksi, mereka hanya mengenakan platform fee per transaksi. Selain itu Kokikan juga tidak menetapkan target harian maupun bulananan untuk para Cook. Untuk meningkatkan sklil para Cook, Kokikan menyediakan pelatihan.

"Kokikan Academy yang akan membantu para Cook bisa belajar mengenai preparation cooking sampai cara berjualan. Jadi walaupun Anda belum terlalu mahir, atau ingin belajar lebih dalam lagi tentang memasak dan berjualan makanan dapat mengasah ilmu di Kokikan Academy," pungkas Ervina.



Simak Video "Semangat 17-an Wastana Haikal, Ilustrator Google Doodle HUT ke-77 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT