Catat! Daftar HP yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Tahun Ini

Catat! Daftar HP yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 16 Jun 2022 06:18 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
Catat! Daftar HP yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Tahun Ini Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Tiap tahunnya WhatsApp selalu menghentikan dukungannya untuk beberapa ponsel Android dan iPhone yang menjalankan sistem operasi lawas. Akibatnya, banyak ponsel yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp setelah dukungannya dicabut.

Dalam aturan terbarunya, WhatsApp hanya mendukung ponsel yang menjalankan Android 4.1 atau yang lebih baru, iOS 12 atau yang lebih baru, dan KaiOS 2.5.0 atau yang lebih baru.

WhatsApp mengatakan pihaknya memang secara reguler meninjau sistem operasi apa saja yang dapat didukung dan mendapatkan pembaruan karena ponsel dan software yang sering berubah.

"Untuk memilih apa yang akan dihentikan dukungannya, setiap tahun kami, seperti perusahaan teknologi lainnya, melihat perangkat dan software apa yang paling lawas dan memiliki jumlah pengguna yang paling sedikit," kata WhatsApp dalam laman FAQ, seperti dikutip detikINET, Rabu (15/6/2022).

"Perangkat-perangkat ini juga mungkin tidak memiliki update keamanan terbaru, atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," sambungnya.

WhatsApp mengatakan mereka akan selalu memberitahu pengguna secara langsung lewat aplikasi jika ponselnya tidak akan lagi didukung, lengkap dengan pengingat untuk memperbarui sistem operasi ponselnya.

Jika ponsel Android dan iPhone yang kalian pakai sudah tidak mendapatkan update sistem operasi terbaru, maka solusinya adalah membeli ponsel baru dengan sistem operasi yang masih didukung.

Berikut daftar HP Android dan iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi di tahun 2022:

Android

  • Samsung: Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core dan Galaxy Ace 2
  • LG: Lucid 2, LG Optimus F7, LG Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Optimus L4 II Ganda, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, 4X HD dan Optimus F3Q
  • ZTE: ZTE Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 dan ZTE Grand Memo
  • Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2
  • Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L dan Xperia Arc S
  • Perangkat lain termasuk Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Run F1 dan THL W8