Instagram Bikin Font Baru untuk Reels dan Stories

ADVERTISEMENT

Instagram Bikin Font Baru untuk Reels dan Stories

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 24 Mei 2022 17:49 WIB
Font baru Instagram
Instagram Ciptakan Font Baru untuk Reels dan Stories Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram menciptakan font baru bernama Instagram Sans yang akan hadir di Reels dan Stories. Font baru ini dihadirkan sebagai bagian dari penyegaran visual untuk branding Instagram.

Selain font baru, penyegaran ini juga membawa logo baru yang lebih berwarna dan layout marketing dengan layar penuh. Instagram mengatakan penyegaran ini dirancang untuk mendorong evolusi yang berkelanjutan dan membantunya menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan inklusif.

Desain font baru ini terinspirasi oleh logo Instagram. Dalam keterangan resminya, Instagram mengatakan font ini terinspirasi oleh persegi (square) dan lingkaran (circle) atau 'squircle'.

Instagram mengatakan font Instagram Sans merupakan hasil kremix kontemporer dari gaya grotesque dan geometris. Beberapa font baru yang dikenalkan Instagram antara lain Instagram Sans Regular, Bold, Light, Medium, Condensed, dan Condensed Bold.

"Instagram Sans adalah cara baru bagi komunitas global kami untuk mengekspresikan dirinya di Instagram di tempat-tempat seperti Stories dan Reels," kata Instagram dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (24/5/2022).

Aplikasi milik Meta ini mengatakan mereka telah bekerjasama dengan ahli bahasa untuk membuat typeface baru ini bisa ditampilkan dalam beragam bahasa, termasuk aksara yang ada di bahasa Thailand, Jepang, dan Arab.

Beberapa font yang ditampilkan terlihat normal, tapi ada juga font yang terlihat tidak biasa seperti Instagram Sans Script yang hampir setiap hurufnya ditambahkan aksen meliuk-liuk.

Font baru InstagramFont baru Instagram Foto: Dok. Instagram

Font yang sedikit aneh ini sepertinya dirancang untuk membuat identitas Instagram semakin menonjol. Setidaknya jika ada konten Reels atau Stories yang menggunakan caption dengan font Sans Script akan terlihat jelas bahwa konten itu berasal dari Instagram dan tidak diimpor dari TikTok.

Sedangkan untuk logo barunya, warna gradiennya dibuat lebih cerah untuk membuatnya terlihat lebih terang dan hidup. Terkait layout dengan layar yang lebih penuh, Instagram mengatakan ini dirancang untuk lebih menonjolkan konten dan mengutamakan kesederhanaan.

Layout layar penuh ini diumumkan setelah Instagram dilaporkan sedang menguji coba tampilan feed layar penuh ala TikTok. Dalam uji coba ini, foto dan video ditampilkan secara penuh dengan caption dan komentar ditumpuk di atas konten.



Simak Video "Instagram Bakal Rilis Fitur Schedule Post, Ini Fungsinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT