Pemudik Wajib Tahu! Ini Fitur Tersembunyi Google Maps - Halaman 2

Pemudik Wajib Tahu! Ini Fitur Tersembunyi Google Maps

Tim - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 15:43 WIB
Google Maps
Google Maps. Foto: Google Indonesia

4. Menggunakan Street View di Google Maps

Saat mudik Lebaran 2022, mungkin ada tempat baru yang akan dijelajahi. Untuk mengetahui bagaimana gambarannya, bisa dengan menggunakan fitur Street View yang menampakkan suatu lokasi dengan sudut pandang 360 derajat.

Caranya, telusuri tempat atau letakkan pin pada Google Maps. Untuk meletakkan pin, sentuh lama suatu tempat pada peta. Di bagian bawah, ketuk nama tempat atau alamat. Scroll dan pilih foto berlabel "Street View" atau pilih thumbnail dengan ikon Street View.

5. Bisa Hindari Antrean di Restoran

Pengguna bisa memanfaatkan Google Maps untuk menghindari antrean di restoran yang hendak dituju. Fitur Google Maps bisa memberikan statistik jam-jam sibuk restoran kepada pengguna sehingga bisa menghindarinya, apalagi pada saat Lebaran yang biasanya sangat ramai.

Pengguna bisa melihat statistik tersebut dengan cara memilih nama restoran kemudian geser ke bawah. Pengguna akan menemukan tombol 'popular times'. Fitur ini akan menunjukkan grafik jam padat restoran. Google Maps juga menyediakan grafik tiap hari.

6. Lihat Seluruh Riwayat Perjalanan

Google dapat melacak lokasi pengguna meski pengguna tidak menggunakan aplikasi Google Maps. Untuk melihat riwayat perjalanan Google Maps Anda, kunjungi https://www.google.com/maps/timeline.

Maka akan ketahuan di mana saja Anda pernah berada, termasuk mungkin untuk mengetahui jalur apa yang Anda lalui dalam mudik Lebaran 2022. Dalam situs itu Anda juga bisa menghentikan Google melacak lokasi pengguna jika Anda tidak menginginkannya.

7. Pengingat Tempat Parkir

Pengguna tentu pernah mengalami momen lupa lokasi parkir mobil, apalagi di lokasi baru dalam liburan dan mudik Lebaran 2022 kali ini. Google Maps bisa menjawab kendala tersebut dengan mengingatkan pengguna lokasi parkir pengguna.

Begitu pengguna memarkir mobil, pengguna langsung ketuk titik biru yang merepresentasi lokasi pengguna. Pengguna kemudian akan menemukan opsi untuk mengingat lokasi parkir.

(fyk/fay)