Aplikasi Ini Beri Panduan Prokes Buat yang Mau Ngabuburit

Aplikasi Ini Beri Panduan Prokes Buat yang Mau Ngabuburit

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 12 Apr 2022 16:15 WIB
Aplikasi Tlusure
Aplikasi Ini Beri Panduan Prokes Buat yang Mau Ngabuburit. Foto: Tlusure
Jakarta -

Meski Indonesia siap-siap bertransisi ke endemi, berbagai kebiasaan dan protokol kesehatan (prokes) yang kita lakukan sejak pandemi COVID-19 melanda tidak akan hilang begitu saja, dan akan melekat seterusnya, termasuk cara kita jalan-jalan. Nah, aplikasi ini ingin membantu memberikan panduan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merancang sejumlah persiapan wisatawan baik domestik maupun mancanegara kembali bepergian, terutama menyambut Ramadan di mana banyak orang ngabuburit, dan mudik Lebaran. Persiapan itu salah satunya dengan bekerja sama dengan FAB Indonesia, menyediakan sebuah aplikasi bernama Tlusure.

Tlusure adalah aplikasi untuk mendukung orang-orang beraktivitas di era new normal, dan agar orang-orang bisa kembali bepergian dengan aman, nyaman, dan tetap menerapkan prokes.

Dijelaskan CEO Tlusure Sandy Tantra, pengguna yang menggunakan aplikasi Tlusure bisa mengetahui jumlah pengunjung di suatu tempat, dan beberapa tempat di sekitarnya.

"Dengan demikian kita bisa memilih tempat mana yang paling tidak ramai, atau tempat mana yang masih layak dikunjungi dengan penerapan prokes. Gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat wisata, restoran, kafe, museum, sarana rekreasi, serta berbagai tempat wisata lainnya dalam aplikasi ini akan terlihat jumlah pengunjungnya," kata Sandy dalam webinar update aplikasi Tlusure, Rabu (6/4).

Selain itu, sambungnya, aplikasi ini dapat memberikan alternatif tempat-tempat yang jarang diketahui berdasarkan rekomendasi dari wisatawan lain, ketika tempat yang ditujunya menjadi ramai dan banyak orang yang berkerumun.

"Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk membantu mempercepat roda perekonomian nasional sehingga dapat menciptakan multiply effect di era new normal akibat pandemi yang terjadi sejak 2020 di Indonesia dan di seluruh dunia," kata Sandy Tantra.

Sejak dirilis pada Januari 2022, aplikasi Tlusure sudah di-download lebih dari 30.000 kali, dengan traffic yang diklaim 2-3 kali dari jumlah pengguna.

"Kita membantu masyarakat untuk menemukan experience, khususnya travel dan leisure dan khususnya juga experience daily yang dikerjakan di luar rumah," ungkap Sandy dalam sesi bincang dengan media secara online, Rabu (6/4/2022).

Aplikasi TlusureFoto: Tlusure

Cara Kerja Tlusure

Aplikasi Tlusure akan memberikan informasi tentang lokasi dan situasi destinasi wisata yang masuk dalam zona hijau, zona yang aman dikunjungi.

Selain memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan saat berlibur, aplikasi ini membantu pemerintah melakukan tracing, tracking, dan testing pencegahan penularan COVID-19.

Di aplikasi ini, para pengguna aplikasi bisa berkontribusi memberikan informasi yang bisa menjadi referensi bagi pengunjung yang hendak mengunjungi sebuah destinasi:

  • Kontributor menghasilkan konten baru, daftar tujuan baru, dan laporan kesehatan
  • Pengguna mencari destinasi, menerima peringatan, mendapatkan rekomendasi travel terbaru
  • Pebisnis juga bisa memperbarui informasi di tempat bisnisnya dan memastikan keamanan.

Alhasil, pengguna, baik wisatawan maupun pemilik bisnis sama-sama akan mendapatkan pengalaman yang aman dan nyaman berbekal aplikasi ini.

Aplikasi TlusureFoto: Tlusure

Fitur Unggulan Tlusure

Setidaknya ada tiga fitur utama yang menjadi unggulan. Fitur-fitur tersebut adalah:

  1. Fitur pencarian (search) berdasarkan filter "Ramai", "Lengang", "Tersertifikasi CHSE"
  2. Fitur rekomendasi personal berdasarkan "Mood", "Lokasi" (Nearby), dan "Popularitas" (Ranking)
  3. Fitur Review, Tips, dan Live Moment. Pengguna bisa meminta pengguna lain yang sedang berada di lokasi tujuan untuk memberikan laporan langsung berupa video atau gambar mengenai situasi dan kondisi tempat tujuan secara real time.

Sandy menyebutkan aplikasi ini terus dikembangkan dengan penambahan fitur-fitur baru. Dalam waktu dekat, Tlusure akan menambah setidaknya tiga fungsi baru untuk memperkaya pengalaman pengguna, yaitu Delightful (re-)discovery, Empower Small Business and Independent Operators, dan In-Trend Delightful Experiences yang akan dirilis akhir April 2022.

Lewat konsep saling melindungi dengan update tracking terkini, diharapkan Tlusure bisa membantu meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk mengeksplorasi berbagai tempat ngabuburit atau destinasi saat libur Lebaran dengan aman dan nyaman.

Saat ini aplikasi Tlusure sudah dapat digunakan di seluruh Indonesia. Tlusure dapat diunduh untuk perangkat Android di Google Play Store dan segera menyusul ketersediaannya untuk perangkat iOS di App Store pada akhir April 2022.



Simak Video "Ngabuburit Murah Meriah Sambil Nonton Pesawat Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)