Twitter Uji Coba Fitur Baru untuk yang Tak Suka Di-mention Orang

Twitter Uji Coba Fitur Baru untuk yang Tak Suka Di-mention Orang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 08 Apr 2022 15:07 WIB
ilustrasi twitter
Twitter Uji Coba Fitur Unmention untuk Tinggalkan Percakapan Foto: 9to5mac
Jakarta -

Banyak pengguna Twitter merasa terganggu kalau di-mention dalam tweet lalu terlibat percakapan yang tak diinginkan. Kini, Twitter menyiapkan solusinya.

Twitter mulai menguji coba fitur Unmention. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menghilangkan mention username-nya di utas Twitter dan meninggalkan percakapan.

"Kami sedang bereksperimen dengan Unmentioning--sebuah cara untuk membantu kalian melindungi kedamaian dan meninggalkan percakapan," kata Twitter dalam pengumumannya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (8/4/2022).

Fitur ini masih dalam tahap uji coba global terbatas melibatkan segelintir pengguna. Fitur ini juga hanya tersedia di web dan belum diketahui kapan akan hadir di platform lainnya.

Untuk mengakses fitur Unmention, pengguna Twitter di web cukup memiliki menu tiga titik yang ada di ujung cuitan. Setelah itu akan muncul menu pop-up, dan pilih opsi 'Leave this Conversation'.

Setelah opsi itu diklik, Twitter akan menampilkan halaman pop-up yang menjelaskan bahwa meninggalkan percakapan akan menghapus tag atau mention username pengguna di cuitan, tapi username pengguna tetap masih bisa dilihat.

Ketika pengguna unmention akunnya, username Twitter mereka akan berubah menjadi warna abu-abu dan tidak bisa diklik. Ini menandakan pengguna tersebut telah meninggalkan percakapan dan pengguna lain tidak bisa men-tag mereka kembali untuk bergabung ke percakapan.

Unmentioning juga akan mematikan notifikasi. Jadi pengguna yang misalnya dihujani komentar negatif oleh netizen, bisa merasa lebih tenang.

Konsep fitur Unemention ini pertama kali diungkap oleh desainer privasi Twitter Dominic Camozzi pada Juni 2021. Saat itu Camozzi juga memperlihatkan beberapa konsep fitur privasi yang sedang direncanakan oleh Twitter.

Kehadiran fitur Unmention tentu sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering menerima mention tidak diinginkan dari teman, spammer, atau bahkan saat dihujat oleh pengguna lainnya. Pengguna jadi bisa mengontrol percakapan dengan lebih baik dan merasa lebih tenang tanpa notifikasi yang mengganggu.



Simak Video "Twitter Kembangkan Beberapa Fitur Baru, Ini Bocorannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)