Tarif Tol se-Indonesia Bakal Muncul di Google Maps

Tarif Tol se-Indonesia Bakal Muncul di Google Maps

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 08:15 WIB
Jakarta -

Siap-siap kedatangan fitur baru di Google Maps. Salah satunya akan sangat berguna bagi kamu, yakni informasi tarif tol se-Indonesia.

Dalam blog resminya Google mengatakan layanan peta digitalnya akan mendapatkan peningkatan baru dalam waktu dekat. Fitur anyar yang ditambahkan meliputi harga tol, peta navigasi yang lebih detail.

"(Ini) untuk membantu pengguna merencanakan perjalanan, menghemat uang dan menjelajahi tempat baru," ujar Rubén Lozano-Aguilera
Manajer Produk, Google Maps.

1. Tarif Tol di Google Maps

Saat menggunakan Google Maps,pengguna akan melihat harga tol ke tujuan sebelum mulai menavigasi.Sehingga pengguna dapat perkiraan biaya perjalanannya saat menggunakan rute jalan tol.

"Kamu akan mulai melihat harga tol di Android dan iOS bulan ini untuk hampir 2.000 jalan tol di AS, India, Jepang, dan Indonesia, dan segera hadir di lebih banyak negara," ujar Rubén.

Jika tidak ingin lewat tol tak jadi soal. Google Maps berjanji menyediakan rute bebas biaya sebagai opsi alternatif.

Tarif Tol di Google MapsTarif Tol di Google Maps Foto: Google

Bahkan pengguna bisa menghindari rute dengan jalan tol sepenuhnya. Cukup ketuk tiga titik di sudut kanan atas petunjuk arah di Google Maps untuk melihat opsi rute, kemudian pilih 'Hindari jalan tol'.

2. Peta Lebih Detail

Perusahaan menambahkan banyak detail baru ke pengalaman navigasi Google Maps sehingga pengguna dapat menjelajah dengan percaya diri. Pengguna akan melihat lampu lalu lintas dan rambu berhenti di sepanjang rute, bersama dengan detail yang disempurnakan seperti garis bangunan dan area yang diminati.

Google Maps dibuat lebih detail. Google Maps dibuat lebih detail. Foto: Google

Dan, di kota-kota tertentu, kamu akan melihat informasi yang lebih detail, seperti bentuk dan lebar jalan, termasuk median dan pulau. "Anda dapat lebih memahami di mana Anda berada, dan membantu mengurangi kemungkinan membuat perubahan jalur di menit-menit terakhir atau kelewatan belokan," kata Rubén.

Peta navigasi baru mulai diluncurkan ke negara-negara tertentu dalam beberapa minggu mendatang di Android, iOS, Android Auto, dan CarPlay.

3. iOS

Google Maps di iOS makin ditingkatkan kemampuannya sehingga makin mudah digunakan. Kini pengguna dapat mengakses layanan peta digital Google dari widget.

Google Maps di Widget iOSGoogle Maps di Widget iOS Foto: Google

Dapat pula menggunakan Google Maps untuk navigasi dengan Apple Watch. Makin dimudahkan lagi bisa mencari petunjuk arah menggunakan Siri atau Spotlight.

(afr/afr)