Spotify dan Netflix Kini Bisa Tambah Tautan Pembayaran di iOS

Spotify dan Netflix Kini Bisa Tambah Tautan Pembayaran di iOS

Josina - detikInet
Jumat, 01 Apr 2022 22:11 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Aplikasi seperti Netflix dan Spotify kini dapat menambahkan tautan di aplikasi iOS yang memungkinkan pengguna dapat mendaftar, melakukan pembayaran dan mengelola akun di perusahaan situs web tersebut.

Sebelumnya Apple telah melarang untuk pengembang aplikasi menyertakan tautan apapun ke halaman pendaftaran akun. Sehingga untuk pembelian yang dilakukan dalam aplikasi tersebut Apple akan meminta pengembang untuk menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple.

Di sini Apple mengambil potongan 30% dari biaya langganan dalam satu tahun dan di tahun kedua turun menjadi 15%. Tapi sekarang Apple telah telah memberikan izin kepada pengembang aplikasi lain untuk menautkan ke situs web yang mereka kelola.

Apple akan memperbarui pedoman App Store sehingga pengembang aplikasi reader sekarang dapat meminta akses ke 'Kepemilikan Akun Tautan Eksternal' sebagaimana dilansir detiKINET dari Variety, Jumat (1/4/2022).

Raksasa teknologi itu mendefinisikan aplikasi lain atau pembaca sebagai aplikasi yang menyediakan konten yang dibeli sebelumnya atau langganan konten untuk majalah digital, surat kabar, buku, audio, musik, dan video.

Apple pertama kali mengumumkan akan mengizinkan layanan media tertentu untuk menambahkan tautan dalam aplikasi pada tahun lalu sebagai bagian dari penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Adil Jepang (JFTC).

Meskipun perubahan tersebut merupakan hasil investigasi JFTC, Apple akan menerapkan kebijakan baru itu ke semua aplikasi pembaca di seluruh dunia. Oleh karena itu, pengembang harus meminta akses ke program Hak Akun Tautan Eksternal terlebih dahulu sebelum mereka diizinkan untuk menambahkan tautan dalam aplikasi.

Sampai saat ini, perubahan memberikan pengembang cara untuk menghindari memberi Apple potongan 15 hingga 30%. Namun, perusahaan masih akan mengumpulkan komisi untuk pembelian di dalam aplikasi sendiri jika layanan itu menawarkannya.

Belum lama ini Google juga meluncurkan program percontohan untuk menguji sistem penagihan pihak ketiga di Android yang memungkinkan pengguna membayar layanan baik melalui sistem pembayarannya sendiri atau pengembang.

Salah satu aplikasi yang menguji coba fitur tersebut, Spotify, akan menunjukkan kepada pelanggan Google dan sistem penagihannya sendiri secara berdampingan mulai akhir tahun ini. Google masih akan mendapatkan potongan bahkan jika pengguna memilih sistem penagihan layanan itu sendiri, tetapi itu akan lebih kecil dari komisi 15 persen yang biasanya dikumpulkan oleh raksasa teknologi untuk langganan.



Simak Video "Pengguna Ngeluh Update iOS 15.4 Bikin iPhone Gampang Lowbat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)