Google Uji Fitur Mode Tidur Otomatis di Android 13

Google Uji Fitur Mode Tidur Otomatis di Android 13

Josina - detikInet
Selasa, 22 Mar 2022 21:40 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Google dilaporkan akan segera menambahkan fitur baru pada pengujian Android 13 beta. Fitur bernama 'Dark theme at bedtime' ini memungkinkan pengguna dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan tema gelap secara otomatis saat menjelang waktu tidur.

Waktu tidur ini berdasarkan pada pengaturan yang dimasukkan ke aplikasi Digital Wellbeing. Dengan mengaktifkan tema gelap ini pengguna akan melihat teks putih dengan latar belakang berwarna hitam.

Fitur ini diharapkan dapat membantu pengguna menggunakan ponsel yang mungkin berada di ruangan minim cahaya agar tidak merusak mata mereka karena menggunakan tema terang.

Tema gelap juga dapat menghemat masa pakai baterai di perangkat smartphone yang menggunakan layar AMOLED. Sebab layar AMOLED tidak memerlukan penggunaan lampu latar.

Saat pengguna mengaktifkan mode gelap, sejumlah besar piksel pada layar dimatikan untuk membuat layar belakang hitam. Piksel yang dimatikan tidak membuat baterai habis sehingga menghemat masa pakai baterai.

Inilah sebabnya mengapa pada beberapa ponsel, mengaktifkan fitur penghemat baterai akan secara otomatis mengaktifkan Tema gelap.

Dilansir detiKINET dari PhoneArena, Selasa (22/3/2022) tampilan pada fitur ini dapat diaktifkan dengan membuka Pengaturan > Tampilan dan beralih ke Tema gelap.

Lalu di bagian bawahnya terdapat pilihan jadwal di mana pengguna bisa mengatur waktu yang diinginkan dari mengaktifkan Tema gelap dari matahari terbenam hingga matahari terbit, atau mengaktifkan Tema gelap pada waktu tidur.

tampilan fitur tema gelap di Androidtampilan fitur tema gelap di Android Foto: Google

Jika kamu terbiasa tertidur dengan ponsel di tangan saat menggunakan aplikasi, mengaktifkan tema Gelap dapat mencegah pengguna terbangun pada layar menyala yang menyilaukan mata dengan latar belakang putih terang.

Alih-alih, dengan tema Gelap diaktifkan, latar belakang akan menjadi hitam dengan teks putih yang tidak terlalu mengganggu mata.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)