Meta Rilis Ekstensi di Browser Bikin WhatsApp Web Lebih Aman

Meta Rilis Ekstensi di Browser Bikin WhatsApp Web Lebih Aman

ADVERTISEMENT

Meta Rilis Ekstensi di Browser Bikin WhatsApp Web Lebih Aman

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 12 Mar 2022 07:45 WIB
WhatsApp Web
Meta rilis Code Veirfy untuk bikin WhatsApp Web lebih aman. Foto: Meta
Jakarta -

Meta merilis Code Verify, sebuah ekstensi untuk browser Google Chrome dan Microsoft Edge guna validasi versi WhatsApp Web. Ekstensi ini diklaim bisa membuat berkirim pesan lewat WA Web jadi lebih aman.

Pengguna memiliki beberapa opsi untuk masuk ke layanan WhatsApp dan mulai berkomunikasi dengan individu atau grup. Selain menggunakan ponsel Android atau iOS, pengguna juga dapat menggunakan WhatsApp Desktop, aplikasi Windows 10 dan 11, serta yang kalah banyak WhatsApp Web.

Code Verify akan mengonfirmasi bahwa kode WhatsApp Web yang digunakan belum dirusak atau diubah. Ini akan mempersulit calon penyerang untuk mengkompromikan data atau privasi pesan terenkripsi end-to-end WhatsApp saat menggunakan di browser.

Meta berjanji bahwa ekstensi tidak mencatat data maupun metadata, dan tidak membagikan informasi apa pun dengan WhatsApp. Pesan tidak dibaca atau diakses, dan baik Meta maupun WhatsApp tidak akan tahu jika Kode Verifikasi sedang digunakan di browser.

"Satu-satunya tujuan Code Verify adalah untuk memverifikasi integritas WhatsApp Web untuk memastikan bahwa situs tersebut aman untuk digunakan," kata pihak Meta.

Code Verify memeriksa integritas layanan WhatsApp Web ketika pengguna terhubung menggunakan browser tempat ekstensi diinstal. Ekstensi ini akan menampilkan ikon hijau, oranye atau merah yang menunjukkan apakah WhatsApp Web telah berhasil divalidasi, pemeriksaan integritas kode gagal, atau validasi gagal.

Pengguna WhatsApp segera mengetahui jika ada yang salah saat ikon berubah menjadi oranye atau merah saat mereka terhubung ke WhatsApp Web.

WhatsApp WebCode Verify akan menampilkan ikon sebagai indikasi keamanan browser saat mengakses WhatsApp Web. Foto: Meta

Code Verify akan langsung berjalan saat pengguna membuka WhatsApp Web. Jika kode WhatsApp Web sudah tervalidasi penuh maka ikon Code Verify di browser akan muncul warna hijau.

Jika ikon Code Verify berwarna oranye, itu berarti perlu perlu me-refresh halaman atau ekstensi browser lain mengganggu. Dalam hal ini, Code Verify akan merekomendasikan pengguna untuk menjeda ekstensi browser yang lain.

Kalau ikon Code Verify berwarna merah, ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan masalah keamanan dengan kode WhatsApp Web yang digunakan.

Bila kamu tertarik dapat mengunduh Code Verify di Chrome dan Edge. Bagi pengguna Firefox harus sedikit bersabar karena Meta masih mengembangkannya.



Simak Video "Bantahan Meta soal Hampir 500 Juta Data WhatsApp Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT