TikTok Uji Fitur Agar Kreator Bisa Dapat Cuan dari Follower

TikTok Uji Fitur Agar Kreator Bisa Dapat Cuan dari Follower

Josina - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 12:15 WIB
TikTok
Aplikasi TikTok. Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

TikTok telah mengkonfirmasi Kamis (21/1/2022), bahwa mereka sedang menguji dukungan fitur langganan berbayar. Dengan fitur ini, maka dapat membuka jalan bagi kreator untuk dapat penghasilan tambahan dari follower-nya.

Sayangnya TikTok tidak memberikan informasi secara detail seperti kapan akan diluncurkan dukungan ini kepada kreator, berapa banyak kreator yang sudah terlibat dalam pengujian atau seperti apa metode pembayarannya.

"Kami selalu memikirkan cara-cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok," kata juru bicara TikTok seperti dikutip detiKINET dari The Verge.

Jika fitur ini benar diadopsi, maka ini akan menjadi langkah terbaru TikTok untuk membatu kreator memonetisasi konten mereka.

Sebelumnya pada Desember lalu, TikTok telah meluncurkan fitur tip untuk kreaotr yang memungkinkan penonton dapat mengirim uang tip langsung melalui profil kreator yang terdaftar dalam program Creator Next. Tak hanya itu, pengguna juga dapat membeli dan mengirim hadiah virtual kepada sang kreator.

Mengingat opsi monetisasi lainnya sudah banyak diterapkan di platform media sosial lainnya, maka tak heran jika TikTok turut mengikuti jalur tersebut.

Seperti Instagram yang belum lama ini juga mengumumkan telah menguji fitur serupa di mana influencer dan kreator di Instagram bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari biaya berlangganan.

Uji coba ini masih dalam fase awal dan terbatas hanya di Amerika Serikat. Instagram mengajak 10 kreator untuk berpartisipasi dalam uji coba ini, termasuk atlet bola basket Sedona Prince, atlet Olimpiade Jordan Chiles, dan astrologer Aliza Kelly.

"Saya bersemangat untuk terus membangun tools bagi kreator untuk mencari nafkah dengan melakukan pekerjaan kreatif dan membagikan tools ini ke lebih banyak kreator dalam waktu dekat," kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam postingannya di Facebook.



Simak Video "Sebentar Lagi Bisa Main Game di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)