Google Klaim Chrome 95 Hemat RAM dan Lebih Ngebut

Google Klaim Chrome 95 Hemat RAM dan Lebih Ngebut

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 13 Des 2021 07:46 WIB
Google Chrome
Foto: Techrum
Jakarta -

Google terus mengoptimalkan kinerja browsernya. Hasilnya Chrome versi 95 disebut mampu menghemat RAM dan membuat browser lebih responsif, bekerja lebih cepat secara signifikan.

Dalam sebuah posting, Google memberi sedikit gambaran bagaimana kebolehan Chrome versi 95. Browser tersebut diklaim dapat memuat lebih cepat sekitar 25% dibandingkan dengan versi sebelumnya.

"Melalui pengujian, kami menemukan bahwa hampir 20% jendela Chrome sepenuhnya tertutup oleh jendela lain, yaitu okulsi. Jika jendela okulsi ini diperlakukan sebagai tab background, menurut hipotesis kami, itu akan memberikan manfaat kinerja yang signifikan," jelas Google.

"Jadi sekitar tiga tahun yang lalu kami mulai mengembangkan proyek untuk pelacakan okulsi setiap jendela Chrome secara real time dan mengurangi prioritas tab di jendela yang diblokir. Kami menyebut proyek ini Native Window Occlusion," lanjutnya

Berkat pengenalan fitur oklusi baru, Google Chrome tidak hanya memuat lebih cepat, tetapi juga mengurangi penggunaan memori GPU sekitar 3,1%. Google juga berhasil meningkatkan latensi dengan sekitar 3%, sekaligus mengurangi kemungkinan browser crash menjadi 4,5%.

Upaya Google pada Chrome datang pada waktu yang tepat. Sebab Microsoft melakukan pekerjaan yang baik dengan Edge dan semua peningkatan yang menyertainya, sehingga peningkatan kinerja Google Chrome akan memberi pengguna alasan untuk tetap menggunakan browser ini.



Simak Video "Tampilan Baru Logo Ikon Gmail hingga Chrome"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)