Fitur Baru iOS Beri Tahu Pengguna Jika Komponen iPhone Palsu

Fitur Baru iOS Beri Tahu Pengguna Jika Komponen iPhone Palsu

Josina - detikInet
Jumat, 10 Des 2021 11:00 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Salah satu keuntungan melakukan perbaikan perangkat smartphone di toko service resmi dari brand tersebut adalah keaslian komponen dan suku cadang. Namun karena mahal, biasanya pengguna akan melakukan perbaikan di tempat yang tidak resmi dengan biaya yang lebih terjangkau.

Akan tetapi bisa saja komponen yang digunakan itu tidak asli. Jika pun mereka mengklaim itu adalah produk asli, tapi kebanyakan pengguna tidak bisa membedakannya.

Karena itu Apple merilis fitur baru di iOS yang memungkinkan pengguna dapat mengetahui hal tersebut.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Apple akan menambahkan bagian "Suku Cadang dan Riwayat Layanan" di aplikasi Pengaturan.

Dengan masuk ke pengaturan ini, pengguna dapat melihat daftar komponen yang mungkin telah ditukar dan diganti selama perbaikan dan itu akan menunjukkan apakah mereka asli atau tidak.

Misalnya, jika bagian yang tidak asli digunakan maka itu akan mencantumkannya sebagai "Bagian Tidak Dikenal", tetapi perlu diingat bahwa status ini juga dapat berlaku untuk bagian yang diambil dari iPhone lain atau tidak berfungsi yang dapat menjadi tanda bahwa kamu mungkin perlu memperbaikinya.

Jika itu adalah komponen asli, ia akan mengatakan "Suku Cadang Apple Asli" dan kamu dapat mengetuk untuk melihat detail lebih lanjut tentangnya, termasuk tanggal servis.

Ini bisa menjadi fitur yang berguna karena artinya jika bengkel pihak ketiga mengklaim menggunakan suku cadang asli, alat ini akan memberi tahu pengguna jika mereka berbohong tentang hal itu. Itu juga dapat digunakan bahkan jika pengguna mengirim telepon ke Apple untuk diperbaiki dan hanya ingin memastikan.

Apple diharapkan segera meluncurkan program perbaikan sendiri di mana pengguna akan memiliki akses ke komponen dan manual tertentu yang dapat mereka gunakan untuk memperbaiki perangkat mereka sendiri.



Simak Video "Intip Bocoran Fitur Baru yang Bakal Hadir di iPhone 15 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)