Legacy Contacts, Fitur Baru Apple Untuk Pengguna yang Meninggal

Legacy Contacts, Fitur Baru Apple Untuk Pengguna yang Meninggal

Josina - detikInet
Jumat, 12 Nov 2021 11:40 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Saat pemilik iPhone atau perangkat Apple lainnya meninggal, tidak ada cara mudah bagi anggota keluarga lain untuk mengakses akun iColud bahkan untuk membuka kunci ponsel jika mereka tidak mengetahui kode ponsel tersebut.

Menurut persyaratan pada layanan iCloud, data orang yang telah meninggal akan tetap ada bahkan jikalau pun sudah ada sertifikat kematian, sebagaimana dilansir detiKINET dari The Verge.

Namun dengan program Digital Legacy baru yang pertama kali diumumkan pada ajang WWDC awal tahun ini, pemilik iPhone dapat memilih hingga lima orang untuk dijadikan sebagai 'Legacy Contacts' atau kontak warisan.

Fitur ini akan hadir pada sistem operasi iOS 15.2, dengan fitur ini jika sang pemilik iPhone sudah memilih lima orang lalu meninggal dunia maka orang-orang tersebut nantinya dapat mengakses data dan informasi pribadi si pemilik yang tersimpan di iCloud seperti foto, dokumen bahkan pembelian.

Untuk mengaktifkan Digital Legacy, Apple masih memerlukan bukti kematian dan kunci akses. Namun, ini adalah proses yang jauh lebih disederhanakan jika dibanding sebelumnya yang mungkin memerlukan perintah pengadilan yang mengonfirmasi atas hak atas warisan, dan tidak ada jaminan akan mendapatkan akses ke data tersebut.

Ini adalah situasi yang rumit bagi Apple, sebab Apple begitu kuat prinsipnya untuk melindungi privasi para penggunanya.

Namun langkah Apple tersebut diprotes pihak keluarga yang ditinggalkan di mana mereka orangtua bahkan pasangan tidak diberikan akses untuk masuk ke dalam ponsel pengguna yang sudah meninggal.

Perusahaan lain seperti Google dan Facebook pun ternyata sudah memiliki sistem untuk menetapkan akun ke orang lain jika penggunanya meninggal dunia.

Berikut adalah cara untuk mengatur fitur 'Legacy Contacts', pastikan perangkat yang digunakan sudah menjalankan iOS 15.2 untuk dapat mengakses fitur ini.

Di perangkat iOS, buka Pengaturan > [nama kamu > Kata Sandi & Keamanan.

Di Mac, buka System Preferences > Apple ID > Password & Security.

* Di bawah Kontak Lama, ikuti petunjuk untuk menambahkan Kontak Lama. Jika kamu menggunakan Family Sharing, kamu dapat memilih anggota keluarga dari daftar; sebagai alternatif, tambahkan seseorang menggunakan email atau nomor telepon mereka.

* Beri tahu Kontak Lama kamu dan bagikan kunci akses melalui Pesan. Jika mereka menerima, salinan kunci akses secara otomatis disimpan di pengaturan ID Apple mereka. Jika mereka menolak, Anda akan menerima pemberitahuan. Kunci akses diperlukan untuk masuk ke akun kamu jika kamu sudah meninggal dunia.

* Meskipun kamu dapat menambahkan Kontak Lama yang tidak menggunakan iOS 15.2, mereka tidak akan dapat menyimpan kunci akses dalam pengaturan di perangkat mereka, jadi kamu harus memberikannya dengan cara lain.

Legacy Contacts fitur AppleLegacy Contacts fitur Apple Foto: Apple
Legacy Contacts fitur AppleLegacy Contacts fitur Apple Foto: Apple

Legacy Contacts adalah bagian dari program Warisan Digital dan saat ini telah tersedia dalam versi beta publik iOS 15.2 untuk iPhone. Ini akan dapat diakses secara luas ketika iOS 15.2 diluncurkan sepenuhnya. Apple belum mengatakan versi macOS mana yang akan mendukung fitur tersebut.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)