Cara Pakai Dark Mode Google Maps di iOS

Cara Pakai Dark Mode Google Maps di iOS

Josina - detikInet
Kamis, 11 Nov 2021 16:50 WIB
FAIRFAX, CA - DECEMBER 13:  The Google Maps app is seen on an Apple iPhone 4S on December 13, 2012 in Fairfax, California. Three months after Apple removed the popular Google Maps from its operating system to replace it with its own mapping software, a Google Maps app has been added to the iTunes store. Apple Maps were widely panned in tech reviews and among customers, the fallout resulting in the dismissal of the top executive in charge of Apples mobile operating system. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Cara Pakai Dark Mode Google Maps di iOS (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Pada bulan Agustus lalu Google mengumumkan akan menghadirkan fitur dark mode atau mode gelap untuk layanan Google Maps-nya di perangkat iOS. Dilansir detiKINET dari PhoneArena, Kamis (11/11/2021) rupanya fitur tersebut sudah tersedia sejak bulan September lalu.

Di iPhone sendiri memang sudah memiliki fitur mode gelap namun begitu diaktifkan mode gelap tersebut tidak akan berlaku untuk Google Maps tampilan warna tidak akan berubah menjadi gelap.

Untuk mengaktifkan fitur mode gelap di Google Maps, kamu tinggal buka aplikasi Google Maps lalu ketuk lingkaran dengan gambar profil atau inisial pertama yang terletak di sisi kanan bilah Pencarian di bagian atas layar.

Setelah itu ketuk Pengaturan dan di bawah judul Using Maps, kamu akan melihat daftar untuk Mode Gelap.

Fitur mode gelap di Google Maps iOSFitur mode gelap di Google Maps iOS Foto: Google

Saat kamu mengetuk opsi Mode Gelap akan muncul tiga opsi diantaranya Hidup, Mati atau Sama seperti pengaturan perangkat.

Jika kamu memilih 'Hidup' maka seluruh aplikasi akan langsung masuk ke mode gelap. Di mana menu yang memiliki teks hitam dengan latar belakang putih akan menampilkan latar belakang berwarna hitam dengan teks putih.

Jika memilih opsi 'Mati' maka fitur mode gelap tidak akan menyala sama sekali. Lalu untuk opsi terakhir adalah 'Sama seperti pengaturan perangkat', ini berarti bahwa aplikasi akan mengikuti pengaturan yang kamu pilih untuk iPhone kamu.

Menggunakan fitur mode gelap diharapkan dapat mengurangi ketegangan pada mata, membuat layar lebih mudah dibaca, dan terlebih jika pengguna memiliki perangkat dengan layar AMOLED, ini dapat menghemat masa pakai baterai.

Karena layar AMOLED tidak memerlukan lampu latar, warna hitam dibuat dengan mematikan piksel yang sesuai. Menggunakan latar belakang hitam dalam mode gelap berarti mematikan sejumlah besar piksel. Dan piksel yang dimatikan tidak menarik daya dari baterai sehingga menghemat masa pakai baterai.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)