Teks Otomatis Zoom Kini Tersedia Untuk Pengguna Gratisan

Teks Otomatis Zoom Kini Tersedia Untuk Pengguna Gratisan

Josina - detikInet
Rabu, 27 Okt 2021 22:11 WIB
zoom
Foto: Zoom
Jakarta -

Zoom menindaklanjuti janjinya untuk menambahkan fitur teks terjemahan yang dibuat secara otomatis untuk semua pengguna gratis, di mana sebelumnya layanan ini khusus untuk pengguna berbayar.

Saat ini terjemahan sementara hanya tersedia dalam bahasa Inggris namun Zoom berencana akan memperluas ke bahasa lain nantinya.

"Penting bagi kami bahwa setiap orang dapat berhasil terhubung, berkomunikasi, dan berpartisipasi menggunakan Zoom," kata Theresa Larkin, Product Marketing Manager of Meetings & Chat di Zoom seperti dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (27/10/2021).

"Tanpa alat aksesibilitas tepat, penyandang disabilitas menghadapi hambatan saat menggunakan solusi komunikasi video," lanjutnya.

Zoom sebelumnya menawarkan transkripsi langsung bertenaga kecerdasan buatan (AI) hanya untuk akun berbayar, hal ini pun menuai kritikan dari para pendukung aksesibilitas karena membuat pengguna tunarungu memiliki pilihan yang terbatas terlebih di masa-masa pandemi.

Tanpa teks otomatis, penyelenggara rapat Zoom harus menggunakan layanan teks pihak ketiga atau menambahkan teks mereka sendiri secara manual. Namun kini semua pengguna sudah dapat menikmati fitur teks otomatis.

Zoom telah menambahkan lebih banyak opsi aksesibilitas selama setahun terakhir, termasuk dukungan untuk pembaca layar dan memungkinkan beberapa video terlihat pada saat yang sama.

Hal tersebut memungkinkan juru bahasa isyarat terlihat setiap saat, bahkan ketika pengguna lain dalam panggilan sedang berbicara.

Untuk mengaktifkan teks dalam rapat Zoom, pemilik akun atau pengguna dengan hak istimewa admin dapat masuk ke portal web Zoom, lalu temukan 'manajemen akun' di menu navigasi.

Pilih pengaturan akun, lalu klik tab 'rapat'. Di bawah 'dalam rapat (lanjutan)', alihkan opsi teks tertutup untuk mengaktifkannya.



Simak Video "Rayakan Natal dan Tahun Baru Bebas Durasi di Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)