Kronologi WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Berjamaah - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Round Up

Kronologi WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Berjamaah

Tim - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 17:10 WIB
Ilustrasi Facebook
Ilustrasi pegawai Facebook. Foto: Facebook

Layanan Pulih Kembali dan Biang Keladinya

WhatsApp, Instagram dan Facebook akhirnya mulai berangsur pulih usai lebih dari 6 jam down. Pengguna sudah mulai bisa mengirim dan menerima pesan, memperbarui feed serta memposting Stories.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami," sebut Facebook.

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook juga minta maaf. "Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger sudah kembali online sekarang. Maaf untuk gangguan hari ini, saya tahu betapa besar Anda bergantung pada layanan kami untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang yang Anda sayangi," tulis Zuck di Facebook.

Vice President of Engineering and Infrastructure Facebook Santosh Janardhan dalam blognya mengatakan tumbangnya ketiga layanan itu disebabkan oleh perubahan konfigurasi di router backbone. Tapi Janardhan tidak memberikan penjelasan yang lebih detail.

"Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini," kata Janardhan dalam blognya

"Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami," sambungnya.

Janardhan juga mengatakan gangguan ini tidak disebabkan oleh hacker atau percobaan untuk mengambil data pengguna. Ia juga memastikan tidak ada data pengguna yang bocor selama gangguan ini terjadi.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT