British Council Bikin EnglishScore, Aplikasi Uji Kemahiran Bahasa Inggris

British Council Bikin EnglishScore, Aplikasi Uji Kemahiran Bahasa Inggris

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 27 Sep 2021 09:22 WIB
Aplikasi EnglishScore
Foto: British Council
Jakarta -

Adanya COVID-19 menjadi tantangan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti tes bahasa Inggris sebagai syarat kelulusan. Sebab proses ujian bisanya dilakukan di dalam kelas ataupun tatap muka, namun selama pandemi tidak mungkin diadakan.

Berangkat dari sanalah British Council meluncurkan EnglishScore di Indonesia. Aplikasi mobile tes bahasa Inggris ini menggunakan teknologi yang menggabungkan pembelajaran menggunakan elektronik dengan tinjauan langsung oleh profesional, untuk menilai kemampuan bahasa Inggris secara akurat dan andal.

Peserta tes dinilai berdasarkan tata bahasa, kosa kata, keterampilan membaca dan mendengarkan. Mereka mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar internasional, Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR), yang berkorelasi dengan standar global lainnya seperti TOEFL ITP, TOEIC dan IELTS.

British Council turut menghadirkan Approved Partner Programme di EnglishScore. Ini adalah program kerjasama yang ditujukan secara khusus untuk membantu universitas-universitas di Indonesia dengan memberikan opsi yang lebih mudah dalam penilaian jarak jauh.

Sebagai bagian dari program, siswa dapat mengikuti tes pada waktu yang mereka tentukan dengan menggunakan ponsel mereka sendiri. Hasil tes akan dikirimkan ke pihak universitas partner dengan menggunakan teknologi kode koneksi EnglishScore.

Para siswa dapat membeli sertifikat bahasa Inggris yang diakui dan dikeluarkan oleh British Council bersama dengan cap logo universitas partner. Saat ini Approved Partner Programme dari EnglishScore sudah melakukan kerjasama dengan institusi terkemuka dari seluruh Indonesia, seperti Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Nusa Putra University, Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Podomoro.

"Pembatasan COVID-19 membuat banyak universitas harus dapat menyesuaikan proses pembelajaran yang baik untuk mendukung siswa mereka. Keberhasilan dari generasi penerus sangat penting untuk kemakmuran masa depan Indonesia, jadi selama bangsa ini melewati masa-masa yang sulit, kami sangat bangga dapat bekerjasama dengan universitas -universitas terkemuka di Indonesia untuk dapat membantu para lulusan universitas dan mahasiswa membuktikan kemampuan Bahasa Inggris mereka."ujar Michelle Avelena, Direktur Pengembangan Global dari British Council EnglishScore.

EnglishScore masih menerima pendaftaran bagi universitas untuk bergabung dengan Approved Partner Programme. Aplikasinya sendiri bisa didownload di Google Play Store dan Apple App Store.



Simak Video "Progres Signifikan China dalam Konservasi Keanekaragaman Hayati"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)