PC Kamu Mendukung Windows 11? Cek Pakai Aplikasi Ini

PC Kamu Mendukung Windows 11? Cek Pakai Aplikasi Ini

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 22 Sep 2021 06:45 WIB
Windows 11
Windows 11. Foto: Microsoft
Jakarta -

Windows 11 akan dirilis 5 Oktober mendatang. Mendekati waktu perilisan, Microsoft menghadirkan aplikasi untuk mempermudah siapa pun memeriksa apakah PC mereka mendukung penerus Windows 10.

Aplikasi bernama PC Health Check, yang sebelumnya tersedia untuk Windows Insiders, sekarang dapat diunduh oleh pengguna umum. Jika kamu tidak yakin apakah PC yang digunakan dapat menjalankan Windows 11, menjalankan PC Health Check menjadi cara termudah untuk memastikannya.

Microsoft awalnya merilis aplikasi PC Health Check ketika pertama kali mengumumkan Windows 11. Tetapi karena kontroversi mengenai persyaratan sistem, aplikasi tersebut akhirnya ditarik untuk sementara.

Akhir bulan lalu Microsoft merilis daftar CPU yang didukung. Microsoft mengatakan bahwa sebagian besar prosesor Intel 7th Gen dan AMD Zen 1 tidak memenuhi syarat untuk peningkatan. Tetapi tidak akan memblokir instalasi manual menggunakan ISO.

Sedangkan untuk laptop berbasis ARM, diperlukan chip Qualcomm Snapdragon 850 atau yang lebih baru, termasuk prosesor SQ Microsoft. Berikut spesifikasi minimum PC untuk Windows 11:

Spesifikasi Minimum PC untuk install Windows 11

Komponen:Minimium
Prosesor:Prosesor 64-bit yang kompatibel (x86-64 atau ARM64) dengan kecepatan clock minimal 1 GHz dan minimal 2 core
RAM:Minimal 4 GB
Memori internal:Setidaknya 64 GB
Sistem Firmware:UEFI
Keamanan:

Secure Boot, enabled by default

Trusted Platform Module (TPM) version 2.0

Kartu grafis:Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
Display:Layar dengan resolusi HD (720p) dengan ukuran minimum 9 inch dan satuan warna 8 bit
Koneksi internet dan akun Microsoft:Koneksi internet dan akun Microsoft diperlukan untuk menyelesaikan pengaturan pertama kali di Windows 11 Home.

Jika Anda tidak ingin repot untuk memeriksa semua itu sendiri, kamu dapat mengunduh dan menginstal PC Health Check di sini.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)