Bergaya Yellow Pages, WhatsApp Uji Baru Buat Bisnis

Bergaya Yellow Pages, WhatsApp Uji Baru Buat Bisnis

Josina - detikInet
Sabtu, 18 Sep 2021 17:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Platform pesan instan WhatsApp telah banyak berfokus pada fitur-fitur terkait layanan bisnisnya. Ini jadi cara mereka untuk memonetisasi miliaran pengguna di platform tersebut.

Yang terbaru, kini WhatsApp dilaporkan sedang menguji coba direktori bisnis baru di Sao Paulo, Brasil, yang memungkinkan pengguna menemukan toko dan layanan lokal bergaya Yellow Pages yang legendaris.

Dilansir detiKINET dari Gizmochina, pengujian ini akan mencakup ribuan bisnis dalam kategori seperti makanan, ritel, dan layanan lokal tertentu di lingkungan kota Sao Paoulo. WhatsApp juga mengatakan akan segera memperluas fitur ini ke pengguna di India dan Indonesia.

Cara bekerja layanan ini, pengguna dapat mengetuk tap 'Businesses Nearby' (Bisnis Terdekat) di daftar kontak WhatsApp, kemudian akan ditampilkan daftar profil bisnis lokal yang aktif.

Dari sana, pengguna dapat memanfaatkan dan melihat profil lengkap bisnis, bersama dengan produk dan informasi kontak lainnya.

Fitur ini adalah satu hal baru dari Facebook untuk membuat sistem e-commerce di WhatsApp lebih kuat. Tampaknya Facebook berusaha keras mengubah platform pesan instant miliknya menjadi raksasa e-commerce.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah meluncurkan alat belanja seperti katalog produk dan keranjang belanja.

Facebook mengakuisisi WhatsApp pada tahun 2014 dalam kesepakatan senilai USD 19 miliar. Namun platform tersebut tidak memiliki model untuk memonetisasi jutaan pengguna aktif hariannya. Karenanya, WhatsApp mencari cara berbeda untuk menghasilkan pendapatan.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)