WhatsApp Siapkan Fitur Baru yang Bisa Ubah Pesan Suara Jadi Teks

WhatsApp Siapkan Fitur Baru yang Bisa Ubah Pesan Suara Jadi Teks

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 13 Sep 2021 16:57 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
WhatsApp Siapkan Fitur yang Bisa Ubah Pesan Suara Jadi Teks Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

WhatsApp sedang mengembangkan fitur transkripsi yang bisa mengubah pesan suara menjadi teks. Fitur ini tentu akan bermanfaat bagi pengguna yang enggan mendengarkan pesan suara berdurasi panjang.

Pengguna WhatsApp di Android sebenarnya sudah bisa mengubah pesan suara menjadi pesan teks, tapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kini setelah WhatsApp mengembangkan fitur transkripsi sendiri, pengguna tidak lagi memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses fitur ini.

Fitur baru yang diumumkan oleh WABetaInfo ini masih dalam tahap pengembangan untuk WhatsApp di iOS. Belum diketahui kapan fitur ini akan dilanjutkan ke tahap uji coba beta, lalu diluncurkan untuk seluruh pengguna.

WABetaInfo mengatakan dalam prosesnya pesan suara tidak akan dikirimkan ke WhatsApp atau Facebook untuk diubah menjadi teks. Proses ini akan dilakukan sepenuhnya di ponsel pengguna dan menggunakan teknologi Apple.

Pesan suara ini akan digunakan Apple untuk membantu meningkatkan teknologi pengenal suaranya, tapi pesan ini tidak akan terhubung dengan identitas pengguna.

Fitur transkripsi ini bersifat opsional, tapi saat diaktifkan pengguna harus memberikan izin khusus kepada WhatsApp untuk mengakses fitur pengenal suara seperti di bawah ini.

WhatsApp kembangkan fitur transkripsi yang bisa ubah pesan suara jadi teksWhatsApp kembangkan fitur transkripsi yang bisa ubah pesan suara jadi teks Foto: WABetaInfo

Setelah memberikan izin tersebut, pengguna sudah bisa langsung mengubah pesan suara menjadi teks. WhatsApp akan membuka halaman baru bernama 'Transcript', di mana pengguna juga bisa memilih waktu yang spesifik, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (13/9/2021).

Saat pesan ditranskripsi untuk pertama kalinya, hasil transkripsinya akan disimpan secara lokal di database WhatsApp sehingga pengguna tidak perlu mentranskrip ulang jika nantinya ingin kembali melihat isi percakapan.

WhatsApp kembangkan fitur transkripsi yang bisa ubah pesan suara jadi teksWhatsApp kembangkan fitur transkripsi yang bisa ubah pesan suara jadi teks Foto: WABetaInfo

Fitur transkripsi ini baru dikembangkan untuk WhatsApp versi iOS. WABetaInfo belum mengetahui kapan fitur ini akan dikembangkan untuk WhatsApp versi Android.

Tapi biasanya WhatsApp selalu mengembangkan fitur yang sama untuk Android dan iOS. Jadi ada kemungkinan fitur yang sama akan hadir di Android meski cara kerjanya mungkin agak sedikit berbeda.



Simak Video "WhatsApp Rilis Fitur Baru Joinable Call"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)