Instagram Akan Minta Tanggal Lahir Pengguna

Instagram Akan Minta Tanggal Lahir Pengguna

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 31 Agu 2021 18:50 WIB
Instagram wajibkan pengguna bagikan tanggal lahirnya
Instagram Akan Wajibkan Pengguna Bagikan Tanggal Lahirnya Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram akan mewajibkan pengguna untuk membagikan tanggal lahirnya. Hal ini merupakan bagian dari upaya Instagram untuk menciptakan fitur keamanan bagi pengguna di bawah umur.

Dalam keterangan resminya, Instagram mengatakan pengguna akan menerima notifikasi pop-up saat membuka aplikasi yang meminta mereka untuk memberikan tanggal lahirnya. Notifikasi ini akan muncul jika pengguna belum pernah memasukkan tanggal lahir di profilnya.

Notifikasi ini akan muncul beberapa kali, dan pengguna bisa mengabaikannya dengan mengklik opsi 'Not Now'. Tapi pengguna tidak bisa menghiraukan notifikasi ini selamanya karena Instagram mengatakan pengguna harus memberikan tanggal lahirnya jika ingin tetap menggunakan aplikasi mereka.

Notifikasi pop-up ini akan diluncurkan mulai pekan ini di aplikasi mobile Instagram, dan akan terus digulirkan selama beberapa pekan ke depan untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Instagram juga mengatakan pengguna harus membagikan tanggal lahirnya jika mereka ingin melihat postingan yang disembunyikan di balik layar peringatan. Instagram sudah menyembunyikan konten sensitif dan grafik sejak lama, tapi kini mereka meminta pengguna untuk membagikan tanggal lahirnya jika ingin melihat konten tersebut.

Tentu saja pengguna di bawah umur bisa memalsukan tanggal lahirnya saat membuat akun Instagram. Untuk mencegah hal ini, Instagram akan mengerahkan teknologi AI untuk mengidentifikasi jika pengguna di bawah umur berbohong soal usianya.

Contohnya, teknologi Instagram akan bisa menyimpulkan usia seseorang berdasarkan komentar yang ditinggalkan di postingan 'Selamat Ulang Tahun', di mana usia pengguna bisa saja disebutkan secara implisit.

Aplikasi milik Facebook ini mengatakan jika seorang pengguna mengaku umur mereka sudah di atas usia tertentu, tapi menurut AI mereka berbohong, Instagram akan meminta pengguna untuk memverifikasi usianya menggunakan beberapa metode, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (31/8/2021).

Semua ketentuan ini diterapkan untuk membantu Instagram menciptakan platform yang lebih ramah untuk pengguna berusia muda. Pada bulan Mei, Instagram mengumumkan akan membuat aplikasi khusus untuk anak-anak di bawah 13 tahun yang tentunya akan mewajibkan pengguna untuk memberikan tanggal lahirnya.

Instagram juga telah meluncurkan beberapa fitur untuk melindungi pengguna di bawah umur seperti mencegah orang dewasa tidak dikenal mengirimkan DM kepada pengguna berusia di bawah 16 tahun.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)