Menkominfo: Aplikasi PeduliLindungi Tembus 31 Juta Pengguna

Menkominfo: Aplikasi PeduliLindungi Tembus 31 Juta Pengguna

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 27 Agu 2021 15:13 WIB
Cek Pedulilindungi untuk Sertifikat Vaksin 1 dan 2, Ini Caranya!
Menkominfo: Aplikasi PeduliLindungi Tembus 31 Juta Pengguna. Foto: (dok ITDC)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan bahwa aplikasi PeduliLindungi sudah di-download hingga 31 juta pengguna.

PeduliLindungi adalah aplikasi besutan pemerintah yang diandalkan untuk melacak penyebaran virus Corona (COVID-19) saat pertama kali dibuat.

"Aplikasi ini bertujuan dalam menerapkan tracking, tracing, fencing. Jadi, kami berinovasi menyediakan dan mengintegrasikan teknologi digital untuk memerangi COVID-19 secara nasional," ujar Menkominfo dalam siaran persnya, Jumat (27/8/2021).

Kali ini, aplikasi tersebut makin masif penggunannya seiring dengan mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 yang kini menjadi syarat perjalanan, masuk ke mal, atau terbaru pertandingan bola Liga 1.

Menkominfo mengungkapkan sebanyak 31 juta pengguna telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi hingga tanggal 24 Agustus ini.

"Di dalamnya, terdapat informasi layanan termasuk tahapan pendaftaran vaksinasi, serta screening untuk di area publik seperti di bandar udara. Jadi, saya ucapkan terima kasih kepada Google Playstore dan Apple iOS sehingga penduduk Indonesia bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah dan tidak dipungut biaya," paparnya.

Di sisi lain, Kominfo tetap mengawasi peredaran hoax di dunia internet, khususnya yang menyangkut dengan Corona. Langkah ini, disampaikanya, agar masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas.

"Saya percaya infodemi dan hoaks yang bermunculan lebih banyak mempermasalahkan bagaimana Pemerintah dan masyarakat menangani serta menyelesaikan penemuan Covid-19," tandasnya.



Simak Video "Masyarakat Keluhkan Kendala Saat Akses Aplikasi PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)