TikTok Uji Coba Video 5 Menit, Netizen Bilang Jadi Mirip YouTube

TikTok Uji Coba Video 5 Menit, Netizen Bilang Jadi Mirip YouTube

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 27 Agu 2021 08:45 WIB
TikTok
TikTok Uji Coba Video 5 Menit, Netizen Bilang Jadi Mirip YouTube Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

TikTok bulan lalu mulai meluncurkan opsi video berdurasi tiga menit untuk semua penggunanya. Tidak berhenti sampai di situ TikTok berencana memperpanjang durasi video sampai lima menit, dan bahkan lebih lagi.

Opsi video TikTok yang lebih panjang ini ditemukan oleh analis media sosial Matt Navarra. Ia mengunggah screenshot update dari TikTok yang mengumumkan opsi video lima menit tersebut.

"Upload video hingga 5 menit dari perangkat kalian. Pastikan kalian menggunakan TikTok versi terbaru sebelum mencoba fitur ini di aplikasi kalian atau tiktok.com," tulis update tersebut, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (27/8/2021).

Dengan uji coba terbaru ini, TikTok telah beberapa kali menambah durasi videonya. Awalnya TikTok meluncur dengan opsi membuat video berdurasi satu menit.

Pada Desember 2020, mereka menguji coba opsi video hingga tiga menit, dan opsi ini diluncurkan ke semua pengguna sejak Juli 2021. Kini sepertinya pengguna TikTok harus siap melihat video berdurasi lebih panjang di feed-nya.

Opsi video lima menit ini sepertinya bukan durasi terpanjang yang tengah diuji coba oleh TikTok. Navarra juga menemukan bahwa TikTok sedang bereksperimen dengan video berdurasi 10 menit.

Meski masih dalam tahap uji coba, pengguna TikTok langsung merespons perubahan ini. Dari beberapa balasan di bawah cuitan Navarra, sepertinya lebih banyak pengguna TikTok yang kontra dengan penambahan durasi ini.

Beberapa pengguna beralasan bahwa mereka memilih TikTok sebagai sumber hiburan karena memiliki rentang perhatian yang kecil, sehingga lebih mudah menonton konten video yang singkat. Dengan menambah durasi hingga 10 menit, pengguna TikTok beranggapan platform video pendek ini malah berubah menjadi YouTube.

"YouTube is typing," kata netizen @princessology.

"Batas saya sampai di sini!!! Video 3 menit tidak apa-apa tapi lebih dari 5 menit pada dasarnya adalah YouTube. Rentang perhatian saya hanya 30 detik," kata netizen @marvinthompson diikuti dengan emoji meringis.

"Ini terdengar aneh... TikTok mencoba menjadi long form dan YouTube mempromosikan short form... apakah kedua platform mencoba menjadi satu sama lain?" tanya netizen @DyroccOfficial.

Video berdurasi pendek memang menjadi kunci kesuksesan TikTok, jadi wajar jika ada pengguna yang keberatan melihat video berdurasi panjang di feed FYP mereka. Saking populernya, fitur video pendek ini ditiru oleh banyak media sosial lain.

YouTube sendiri memiliki fitur video singkat mirip TikTok bernama Shorts yang memungkinkan pengguna membuat video berdurasi 15-60 detik. Instagram juga memiliki fitur serupa bernama Reels yang bisa dipakai untuk membuat video berdurasi 15, 30 hingga 60 detik.



Simak Video "Terekam CCTV, Aktivitas Pria di Jaktim Sebelum Tewas saat Live TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)