5 Fitur Baru iOS 15 yang Patut Ditunggu Pengguna iPhone

5 Fitur Baru iOS 15 yang Patut Ditunggu Pengguna iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 18 Agu 2021 19:10 WIB
iOS 15
iOS 15. Foto: dok Apple
Jakarta -

iOS 15 versi final akan dirilis Apple bulan depan. Banyak fitur baru yang bakal dicicipi pengguna iPhone, berikut 7 di antaranya yang patut ditunggu kehadirannya.

Pembaruan iOS 15 diperkenalkan pada Juni lalu di perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC). Sejak saat itu Apple telah beberapa kali mengirimkan versi beta untuk developer dan publik.

Pengguna yang ikutan program beta dapat menjajal langsung fitur baru sebelum versi final dirilis. Kemungkinan besar iOS 15 akan dikirimkan ke seluruh pengguna pada September berbarengan dengan perilisan iPhone 13.

Berikut 7 fitur baru iOS yang patut ditunggu pengguna iPhone

1. Panggilan FaceTime

Mempertimbangkan bagaimana pandemi telah menggeser pekerjaan, pendidikan, dan bisnis ke ranah virtual, Apple telah memperbarui perangkat lunak panggilan video di iOS 15. Mengambil inspirasi dari Zoom, FaceTime kini akan menghadirkan peserta panggilan video dalam tampilan grid .

Pengguna juga akan memiliki opsi untuk membuat tautan FaceTime untuk dibagikan dan mengundang orang lain ke obrolan video. Mereka yang memiliki tautan dapat bergabung dengan panggilan ini lewat Google Chrome atau browser Microsoft Edge meskipun mereka tidak memiliki perangkat Apple.

Apple juga memastikan bahwa panggilan akan dienkripsi ujung ke ujung. Mode potret yang ada di kamera iPhone juga dapat digunakan untuk FaceTime untuk mengaburkan latar belakang. Kualitas suara video call juga akan terasa lebih natural dengan bantuan audio spasial.

2. SharePlay

Karena PPKM membuat banyak dari kita jauh dari teman dan keluarga. Apple telah memperkenalkan SharePlay, fitur yang memungkinkan berbagi film, musik, dan layar dengan siapa pun yang diajak FaceTiming. Ini termasuk menonton film dan acara TV yang sama di platform streaming Apple TV+, misalnya.

3. Notifikasi

Notifikasi dari aplikasi kini menampilkan ikon aplikasi yang lebih besar sehingga makin mudah untuk melihat apa yang ada secara sekilas. Saat Anda menerima pesan dari seseorang dari aplikasi Messages misalnya, akan disertakan foto kontak mereka untuk memudahkan mengidentifikasi siapa yang mengirimi Anda pesan.

iOS 15 turut memberikan fitur pengelolaan baru notifikasi sehingga tidak membuat pengguna kewalahan lagi. Menggunakan machine learning, sistem akan mengidentifikasi pola penggunaan ponsel dan memilih notifikasi mana yang termasuk dalam ringkasan dan kapan harus dikirimkan. Panggilan tak terjawab dan pesan tidak akan termasuk dalam kategori.

4. Focus

Fitur ini memiliki kemampuan untuk mengatur filter notifikasi, panggilan, dan pesan, membalas otomatis ke orang lain saat kamu tidak tersedia, dan dilengkapi dengan penyesuaian dan otomatisasi yang praktis. Misalkan saat tengah berlibur, kamu dapat memblokir notifikasi dari aplikasi kerjaan dan email.

5. Live Text

Aplikasi Camera dan Photos sekarang dapat mengenali teks, serta memungkinkan kamu menyalin, menempel, menerjemahkan, dan mencari informasi.

Nantinya di kedua aplikasi, itu akan muncul sebagai ikon di kanan bawah ketika teks terdeteksi. Pilih dan kamu akan dapat menyalin teks yang dikenali ke dalam aplikasi Notes.

6. Safari

Tampilannya lebih segar, selain itu ada fitur Grup Tab baru yang memungkinkan pengguna menyimpan sekelompok situs dan menyinkronkannya ke perangkat Apple yang lain. Universal web extensions di Safari yang sebelumnya hadir di Mac kini dibawa ke iOS.

7 Memoji

iOS 15 membawa peningkatan pada Memoji. Pengguna kini bisa memodifikasi tampilannya, mulai dari wajah hingga pakaiannya.



Simak Video "Spesifikasi iPhone 6s yang Masih Kebagian iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)