5 Fitur Keamanan di Telegram, Anti-Kepo hingga Kirim Pesan Rahasia

5 Fitur Keamanan di Telegram, Anti-Kepo hingga Kirim Pesan Rahasia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 19 Jul 2021 05:45 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 25:  A close-up view of the Telegram messaging app is seen on a smart phone on May 25, 2017 in London, England. Telegram, an encrypted messaging app, has been used as a secure communications tool by Islamic State. (Photo by Carl Court/Getty Images)
5 Fitur Keamanan di Telegram, Anti-Kepo hingga Bisa Hapus Chat Salah Kirim. Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Sebagai aplikasi pesan instan, Telegram terus melengkapi platformnya dengan berbagai fitur keamanan. Ini lima fitur keamanan Telegram yang wajib kamu ketahui.

Telegram merupakan pesaing terberat WhatsApp. Sama-sama menawarkan layanan secara gratis, Telegram klaim hadir dengan fitur keamanan berlapis.

Berikut lima fitur keamanan Telegram:

1. Kunci pesan dengan fitur Lock Chat agar terhindar dari teman yang kepo


Kalian mungkin pernah merasa risih saat sedang chatting di tempat umum atau di sekitar teman-temanmu karena khawatir isi pesan kalian dilirik orang lain. Nah, pengguna Telegram bisa memanfaatkan fitur lock chat agar isi pesanmu tidak ketahuan orang lain.

Caranya, cukup klik tombol Setting - Privacy and Security - Passcode and Touch ID - Pasang PIN atau Touch ID - Selesai. Pesan kalian akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit atau kamu bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

2. Kirim pesan rahasia dengan fitur Secret Chat


Mau berkirim pesan rahasia, pengguna Telegram bisa gunakan fitur secret chat di Telegram. Melalui fitur ini kalian bisa mengirim pesan rahasia dengan siapapun yang diinginkan. Fitur secret chat pada aplikasi Telegram bersifat end-to-end encrypted, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat pesan kamu dengan orang lain saat menggunakan fitur ini, termasuk Telegram.

Untuk mengaktifkannya, klik kontak orang yang ingin kamu kirim pesan, lalu klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

3. Akses masuk dengan fitur Two-Step Verification


Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang menggunakan fitur two-step verification untuk meningkatkan keamanan penggunanya, tak terkecuali Telegram. Apabila diaktifkan, fitur ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru maupun lama.

Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika pengguna memasang akun Telegram di perangkat yang baru. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

4. Mendukung server proxy


Selain ketiga fitur di atas, Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus.

Pada dasarnya, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan oleh banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menuju Settings - Data and Storage - Proxy Settings.

5. Salah kirim chat? Ini Caranya!


Seringkali kita terlalu asyik chatting hingga keliru ketika mengirim pesan. Seharusnya kirim ke pacar, tapi malah salah sasaran. Kalau hal ini terjadi kepadamu, kamu nggak perlu khawatir karena di aplikasi Telegram kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim.

Kalian juga bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu. Jadi, kalau ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, kalian masih bisa melakukannya.



Simak Video "Akun Telegram Novel Baswedan hingga Direktur KPK Dibajak!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)