Seluk Beluk WhatsApp Bisa Dipakai 4 Perangkat Sekaligus

Seluk Beluk WhatsApp Bisa Dipakai 4 Perangkat Sekaligus

Tim - detikInet
Sabtu, 17 Jul 2021 14:00 WIB
Pengguna WhatsApp
Logo WhatsApp. Foto: Getty Images
Jakarta -

Fitur baru WhatsApp multi-device, alias bisa digunakan sekaligus di beberapa perangkat, akhirnya dirilis dan sudah bisa dijajal oleh para penggunanya. Begini sekilas seluk beluknya.

Apakah fitur WhatsApp multi perangkat?

Pada dasarnya, fitur multi device atau perangkat ini memungkinkan user mengoperasikan satu akun di perangkat berbeda secara independen dan simultan. Artinya, saat menggunakan fitur multi perangkat, ponsel tidak perlu terkoneksi saat menggunakan perangkat lain. Dalam satu waktu, pengguna WhatsApp bisa menggunakan empat perangkat sekaligus.

Apakah sudah tersedia untuk semua pengguna?

Fitur ini sudah cukup lama didengungkan oleh Facebook sebelum kini jadi kenyataan. Namun untuk tahap awal saat ini, fitur WhatsApp multi perangkat baru dalam tahap beta dan diujicoba pada sebagian kecil pengguna saja. Mungkin akan tersedia luas dalam waktu dekat.

Apakah fitur semacam ini sudah ada di WhatsApp sebelumnya?

Fitur WhatsApp multi-device ini membuat pengguna tak perlu menghubungkan ponselnya ke internet untuk bisa menggunakan WhatsApp web di PC atau laptop. Sebelumnya, WhatsApp web hanya bisa berfungsi jika ponsel penggunanya terus terhubung ke internet. Jika ponselnya mati atau bermasalah koneksinya, hal yang sama juga akan terjadi di versi web.

Bagaimana cara kerjanya?

Sepert sudah disebutkan, fitur multi perangkat ini tidak memerlukan smartphone sebagai sumber koneksi utama. Namun, pengguna masih harus mendaftarkan akun WhatsApp dan melakukan link di perangkat baru dengan ponselnya.

Apakah percakapan masih aman?

Menurut WhatsApp, meski ponsel tak perlu diaktifkan dan terhubung ke internet, alur data WhatsApp web ini tetap terlindungi sistem end to end encryption yang selalu dibanggakan oleh WhatsApp, sehingga pesan tetap hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerimanya.

Apakah pengalaman chat masih sama?

Ya, WhatsApp mengatakan mereka melakukan sinkronisasi history pesan dan juga data lain semacam kontak di seluruh perangkat yang terhubung dengan fitur ini. Namun karena masih dalam versi beta, belum semua fitur diberikan. Misalnya, di perangkat selain ponsel, belum dapat dilihat fitur live location.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)