TikTok Resume, Cara Baru Untuk Melamar Pekerjaan

TikTok Resume, Cara Baru Untuk Melamar Pekerjaan

Josina - detikInet
Minggu, 11 Jul 2021 07:15 WIB
TikTok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

TikTok dilaporkan tengah menguji fitur baru yang dinamai TikTok Resume, yang memungkinkan pengguna dapat melamar pekerjaan dengan menyertakan resume dalam bentuk video ke berbagai perusahaan.

TikTok Resume ini berasal dari konten yang muncul secara organik dari interaktif pengguna di platform seperti #CareerTok serta inisiatif perusahaan yang disengaja untuk mempengaruhi mahasiswa dan pengguna yang lebih muda.

Dilansir detikINET dari The Verge, Minggu (11/7/2021), sejauh ini ada lebih dari 30 perusahaan yang mendaftar untuk menerima resume sebagai lamaran pekerjaan untuk uji coba fitur yang akan berlangsung hingga 31 Juli mendatang.

Untuk membuat lamaran pekerjaan di TikTok, pengguna harus membuat resume berupa video. Setelah itu pengguna mengunggahnya ke TikTok lalu mengirim video tersebut ke perekrut melalui aplikasi.

Pada fitur TikTok Resume, terdapat video instruksi yang merekomendasikan para pengguna saat akan melamar untuk tidak menyertakan informasi terkait kontak pribadi, seperti alamat email di dalam video yang akan dibagikan secara publik.

Beberapa pekerjaan yang saat ini terdaftar di TikTok Resume adalah mereka yang mencari calon pekerja yang sudah paham akan pembuatan konten di platform.

Misalnya, Alo Yoga akan mempekerjakan posisi manajer sosial media lewat TikTok Resumes, mereka yang melamar akan diminta untuk mengembangkan strategi pemasaran merek di TikTok dan bisa menjalin kerjasama dengan influencer.

Lalu perusahaan lain menggunakan TikTok Resume untuk mencari host dan produser video yang dapat menjangkau berbagai platform seperti daftar pekerjaan yang ditawarkan Detroit Pistons di TikTok Resume.

Uji coba fitur TikTok Resume ini masih bersifat sementara, namun menunjukkan bagaimana TikTok sudah berpikir tentang pelatihan dan pemasangan ekosistem untuk pembuat konten profesional untuk memajukan pengaruhnya.

Demikian TikTok Resume menjadi cara mudah untuk mencocokkan perusahaan yang akan memberikan pekerjaan penuh waktu bagi remaja yang mahir dan berpengaruh.

Pengujian fitur TikTok Resume akan mulai dibuka dari 7 hingga 31 Juli 2021. Dan bagi calon pekerja yang memiliki resume panjang, TikTok telah meluncurkan fitur video dengan durasi hingga tiga menit lamanya.



Simak Video "Geger Kepala Dusun di Nganjuk Joget TikTok di Atas Meja Kades"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)