Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Kirim Video Kualitas Tinggi

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Kirim Video Kualitas Tinggi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 02 Jul 2021 16:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Pengguna WhatsApp Akan Bisa Kirim Video Berkualitas Tinggi Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp sepertinya sedang menyiapkan fitur yang telah lama dinanti pengguna. Aplikasi messaging ini akan mengizinkan pengguna untuk memilih kualitas video yang hendak dikirim.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta versi 2.21.14.6 untuk Android. Dari screenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, pengguna bisa mengatur sendiri kualitas video yang akan dikirimkan lewat menu 'Storage and Data' di pengaturan.

WhatsApp menawarkan tiga opsi yaitu Auto, Best quality dan Data saver yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Auto merupakan opsi otomatis yang disarankan dan WhatsApp akan mendeteksi algoritma kompresi terbaik untuk video tertentu.

Opsi Data saver cocok untuk pengguna yang ingin menghemat kuota internet dan akan mengompres video ke level paling optimal. Sedangkan opsi Best quality memungkinkan pengguna untuk mengirimkan video dengan kualitas terbaik, seperti dikutip dari Android Police, Jumat (2/7/2021).

Opsi kualitas video yang ditawarkan WhatsAppOpsi kualitas video yang ditawarkan WhatsApp Foto: WABetaInfo

Pengguna WhatsApp sebenarnya bisa mengirim video dan foto dalam resolusi tinggi, tapi harus dikirim dalam bentuk dokumen. Dengan adanya fitur ini, proses pengiriman video berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih mudah.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan, jadi belum diketahui kapan versi stabilnya akan dirilis ke pengguna. Jadi sepertinya kita masih harus menunggu cukup lama sampai fitur ini diluncurkan di update selanjutnya.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa mengatur kualitas video saja, bukan foto. Selama ini WhatsApp selalu mengompres kualitas foto yang dikirimkan, dan banyak pengguna yang sudah mengeluhkan hal ini sejak lama.

Ini bukan satu-satunya fitur baru untuk berkirim foto dan video yang sedang dikembangkan WhatsApp. Belum lama ini aplikasi milik Facebook tersebut meluncurkan fitur 'View once' yang bisa menghapus foto, video dan GIF secara otomatis setelah dilihat sekali oleh penerima.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)