Instagram Uji Coba Masukkan 'Suggested Posts' ke Feed Utama

Instagram Uji Coba Masukkan 'Suggested Posts' ke Feed Utama

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 13:08 WIB
Instagram uji coba masukkan suggested posts ke feed utama
Instagram Uji Coba Masukkan 'Suggested Posts' ke Feed Utama Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Pengguna Instagram harus bersiap melihat feed mereka terlihat jadi lebih ramai dan campur aduk. Pasalnya Instagram sedang menguji coba menampilkan 'Suggested Posts' di feed utama.

Suggested posts adalah fitur yang menampilkan konten rekomendasi mengikuti algoritma Instagram. Selama ini feed utama hanya menampilkan postingan dari akun-akun yang diikuti oleh pengguna, sedangkan suggested posts berada di bagian bawah feed dan hanya dilihat pengguna setelah mereka melihat semua konten dari akun yang diikuti.

Jadi dengan uji coba ini, feed utama pengguna akan berisi konten dari akun yang memang diikuti dan konten yang merupakan rekomendasi dari Instagram sesuai ketertarikan pengguna.

Selain menonjolkan suggested posts di feed utama, Instagram juga menguji coba opsi yang memungkinkan pengguna untuk mendiamkan fitur tersebut dan menghilangkannya dari feed selama 30 hari. Tapi sayangnya pengguna tidak memiliki opsi untuk menghilangkan suggested posts dari feed secara permanen.

Instagram uji coba masukkan suggested posts ke feed utamaInstagram uji coba masukkan suggested posts ke feed utama Foto: Dok. Instagram

Pengguna juga bisa mengatur konten rekomendasi apa yang ditampilkan dengan memilih topik yang mereka minati, misalnya kucing, kecantikan, atau bola basket. Pengguna bisa menambahkan dan menghapus topik lewat pengaturan yang tersedia.

Juru bicara Faceboook mengatakan masuknya suggested posts merupakan bentuk ekstensi feed utama Instagram. Mereka mengatakan rasio perbandingan antara konten dari akun yang diikuti dan konten yang direkomendasikan algoritma akan bergantung pada bagaimana pengguna menggunakan aplikasi mereka.

Uji coba ini akan digulirkan secara terbatas ke sejumlah kecil pengguna di negara berbahasa Inggris. Tapi Instagram tidak menyebutkan berapa jumlah akun yang terlibat dalam uji coba ini, seperti dikutip dari Tech Crunch, Jumat (25/6/2021).

Eksperimen ini terlihat berbanding terbalik dengan upaya Facebook dan Instagram sebelumnya yang mencoba mencegah penggunanya agar tidak kecanduan media sosial. Dengan tampilan feed baru ini, maka pengguna bisa terus-terusan scrolling karena konten di feed mereka tidak akan habis.

Sementara itu, pengguna yang menggunakan Instagram hanya untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman juga harus terpaksa melihat konten dari luar circle-nya. Pengguna Instagram saja masih ada yang protes setelah platform berbagi foto itu menghilangkan feed yang disusun secara kronologis.

Karena masih tahap uji coba, ada kemungkinan fitur ini tidak diluncurkan secara publik. Jika benar-benar diluncurkan, fitur ini akan membawa perubahan besar bagi cara kerja Instagram.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)