Pengguna Twitter Bisa Dapat Duit dari Follower, Ini Caranya

Pengguna Twitter Bisa Dapat Duit dari Follower, Ini Caranya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 14:50 WIB
Twitter buka pendaftaran untuk Super Follows dan Ticketed Spaces
Twitter Buka Pendaftaran untuk Super Follows dan Ticketed Spaces Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Influencer dan kreator di Twitter tidak lama lagi akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang dari followers-nya. Saat ini Twitter sedang membuka pendaftaran untuk uji coba fitur Super Follows dan Ticketed Spaces.

Super Follows adalah fitur terbaru Twitter yang memungkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan dengan menetapkan biaya berlangganan kepada followers setiap bulannya.

Biaya berlangganan bisa sebesar USD 2,99, USD 4,99, atau USD 9,99 dan followers yang berlangganan bisa mendapatkan konten eksklusif. Tapi fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna berusia 18 tahun ke atas, memiliki lebih dari 10.000 followers, dan mengirimkan 25 cuitan dalam 30 hari terakhir.

Twitter akan mengambil komisi sebesar 3% dari biaya berlangganan yang dibayarkan followers. Tapi lewat App Store dan Google Play Store, pembelian akan dipotong komisi sebesar 30% jadi kreator hanya akan membawa pulang dua pertiga dari apa yang dibayarkan followers-nya.

Begitu pendapatan mereka dari Super Follows mencapai USD 50.000, Twitter akan mengambil komisi sebesar 20%. Jika digabung dengan potongan 30% dari toko aplikasi, maka kreator hanya bisa membawa pulang setengah dari pendapatannya.

"Tujuan kami adalah mengangkat orang-orang yang mendorong percakapan di Twitter dan membantu mereka mendapatkan uang," kata Senior Product Manager Twitter Esther Crawford, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (23/6/2021).

"Kami memperbarui pemotongan bagi hasil setelah menghabiskan lebih banyak waktu memikirkan tentang bagaimana kami bisa mendukung suara-suara di Twitter," sambungnya.

Sedangkan Ticketed Spaces merupakan layanan di mana pengguna bisa menjual tiket untuk menjual sesi Space mereka dengan harga mulai USD 1 sampai USD 999. Pengguna juga bisa membatasi berapa banyak tiket yang dijual, jadi kreator bisa menjual satu tiket seharga USD 999.

Twitter akan mengingatkan peserta jika event di Ticketed Spaces telah dimulai lewat notifikasi. Pengguna yang bisa mengakses Ticketed Spaces adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas, telah menjadi host tiga Spaces dalam 30 hari terakhir, dan memiliki 1.000 followers.

Twitter membuka pendaftaran untuk Super Follows dan Ticketed Spaces hanya lewat aplikasi mobile dan hanya untuk pengguna di Amerika Serikat. Saat ini, hanya pengguna iOS yang bisa mendaftar ke program Super Follows, tapi pendaftaran untuk Ticketed Spaces terbuka untuk iOS dan Android.

Twitter menambahkan tombol Monetization baru di sidebar aplikasi yang bisa diakses pengguna untuk melihat apakah mereka bisa mengikuti uji coba terbatas ini. Kedua fitur ini baru akan diluncurkan untuk publik dalam beberapa bulan ke depan.



Simak Video "Mudah! Cara Bagikan Cuitan Twitter ke Instagram Stories"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)