Waduh, Apa Benar WhatsApp Diam-diam Ubah Privasi?

Waduh, Apa Benar WhatsApp Diam-diam Ubah Privasi?

Tim - detikInet
Minggu, 06 Jun 2021 18:55 WIB
Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Akibat Masalah Privasi Data
Waduh, Apa Benar WhatsApp Diam-diam Ubah Privasi?. Foto: DW (News)
Jakarta -

Beredar pesan berantai bahwa WhatsApp secara diam-diam melakukan perubahan pengaturan privasi tanpa diketahui pengguna. Apa benar demikian?

Dalam pesan tersebut disampaikan semua grup WhatsApp terbuka untuk semua orang. Bahkan, orang yang tidak dikenal atau Anda bisa masuk ke grup WhatsApp, karena pengaturannya berubah menjadi "Everyone" atau semua orang.

Disebutkan pengaturan WhatsApp itu dilakukan tanpa pemberitahuan kepada pengguna. Tak ayal, hal tersebut mengundang rasa was-was.

Terkait viralnya pesan berantai WhatsApp diam-diam ubah privasi pengguna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan fakta sesungguhnya kalau itu adalah misinformasi.

"Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta WhatsApp pertama kali memperkenalkan fitur pengaturan privasi untuk grup melalui situs resminya pada tahun 2019 yang lalu," tulis Kominfo di situs miliknya.

Kominfo melansir dari Forbes, pihak WhatsApp juga telah menjelaskan bahwa pengaturan privasi grup WhatsApp "Semua Orang" sudah ada sejak fitur tersebut diluncurkan di tahun 2019, bukan merupakan perubahan yang dilakukan oleh WhatsApp pada bulan Mei 2021.

Kominfo menyebutkan WhatsApp mengubah peraturan privasi tanpa pemberitahuan pengguna adalah misinformasi.Kominfo menyebutkan WhatsApp mengubah peraturan privasi tanpa pemberitahuan pengguna adalah misinformasi. Foto: Dok. Kominfo



Simak Video "Kebijakan Baru WhatsApp Mulai Berlaku Hari Ini, Sudah Tahu?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)