Layanan Hotel Pintar Digitels Rambah Bali

Layanan Hotel Pintar Digitels Rambah Bali

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 06 Jun 2021 14:35 WIB
Startup Digitels tawarkan mengubah hotel biasa menjadi hotel pintar
Foto: Dok. Digitels
Jakarta -

Startup penyedia layanan hotel pintar Digitels kini merambah Bali, dan mengincar pasar yang besar di Pulau Dewata tersebut.

Digitels adalah startup yang menawarkan layanan untuk menyulap hotel biasa menjadi hotel pintar. Dengan konsep SHC (smart hotel conversion), Digitels E-system dapat mengubah Hotel, Apartemen, Condotel, Perkantoran dan Rumah Pribadi menjadi ekosistem pintar 4.0 berbasis IOT (internet of things).

Pemasangan E-system ini diklaim sangat mudah dan praktis dan pemilik tidak perlu mengganti peralatan, furnitur atau piranti yang sudah ada.

"Hotel jadi smart tanpa harus ganti alat-alat hotel, kecuali untuk hotel yang masih menggunakan kunci manual. Sistem Digitels (hardware dan software termasuk IoT) bisa dipasang untuk semua kelas hotel," terang Jeremy, Cofounder Digitels dalam keterangan yang diterima detikINET.

Saat ini layanan Digitels sudah digunakan beberapa hotel Indonesia salah satunya di Bali ada Signature Seminyak Hotel di Kuta Utara, Badung yang sudah mengunakan paket layanan full yang ditawarkan Digitels.

"Kami targetkan semua hotel di Bali gunakan layanan Digitels dan saat ini beberapa hotel sedang tahap persiapan pemasangan sistem kami," ungkap Jeremy.

Skema yang dipakai oleh Digitels adalah dengan meminjamkan peralatannya ke pemilik hotel, bukan menjual. Nilai perangkat yang dipinjamkan itu menurut Digitels mencapai USD 1000. Pemilik ataupun manajemen hotel dapat menyewa sistem ini dengan biaya Rp 5 ribu per kamar per malam.

"Kami pinjamkan alat 1.000 seharga US Dollar dan cukup bayar 5 ribu rupiah untuk satu kamar per malam. Ini harga pandemi. Tapi kami kenakan security deposit hanya Rp 2,5 juta dan ini bisa dicicil beberapa kali sampai ada kamar yang terisi," beber Jeremy.

Sistem pengoperasian Digitels juga didukung fasilitas Big Data yang akan membantu manajemen menghemat budget secara signifikan. Dengan win win solution Digitels akan menyediakan database solid untuk setiap pemilik hotel (1 hotel 1 database) beserta supporting system. Berikut ini sejumlah fitur yang ada di Digitels.

  • 4.0 Smart Booking Channel Manager
  • Smart Housekeeping System, Smart Check IN/OUT System dan Smart Reservation System.
  • Point of Sales (POS) System.
  • Accounting and Finance System
  • Digitels punya dompet digital yang terhubung dengan payment gateway seperti GoPay, Ovo, Dana, dan virtual banking online di Indonesia.
  • Untuk reservasi dan pemesanan, Digitels telah menjalin kerjasama dengan Online Travel Agents (OTA) seperti Agoda, Airbnb, Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket.com, dll.

Setelah pemasangan "smart digitels brain", setiap fasilitas kamar akan beroperasi dengan IOT system mulai dari akses pintu dengan APP, Face recognition, scan QR code, fasilitas pendingin ruangan, lampu, televisi, audio, dan tirai.

Dengan aplikasi Digitels (yang tersedia dalam versi iOS dan Android), tamu dapat memperoleh akses sejak melakukan pemesanan (secara online), verifikasi kedatangan, bermalam hingga meninggalkan hotel (departure). Aplikasi Digitels bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.



Simak Video "Sutasoma Hotel, Pilihan Menginap Mewah di Kawasan Darmawangsa!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)