Google Sesumbar Chrome 91 Lebih Ngebut

Google Sesumbar Chrome 91 Lebih Ngebut

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 20:44 WIB
Google Chrome
Foto: dok windowslatest
Jakarta -

Persaingan yang sengit membuat Google berupaya membuat kinerja browsernya terus meningkat. Nah Chrome versi 91 yang baru-baru ini dirilis, diklaim lebih ngebut kemampuannya.

Seperti diketahui, waktu eksekusi JavaScript penting untuk kinerja keseluruhan browser web apa pun. Google mencoba membuat mesin JavaScript lebih cepat dengan kompiler Sparkplug baru dan diaplikasikan pada Chrome 91.

Setelah pembaruan ini, Chrome dijanjikan lebih 23%. Kompilator baru ini telah dirancang untuk mengisi kesenjangan antara eksekusi dan pengoptimalan kode JavaScript untuk kinerja maksimum.

Selain compiler baru, Google juga menggunakan "built-in calls" untuk mengoptimalkan proses di mana browser menggunakan kode yang dihasilkan untuk mengurangi lompatan saat memanggil fungsi.

Google telah mengonfirmasi bahwa itu sedang mengerjakan banyak perubahan untuk meningkatkan kinerja Chrome secara keseluruhan.

Misalnya, Google berencana memperkenalkan dukungan untuk "back-forward cache" pada Windows 10 , macOS, Linux, dan platform lain dengan Chrome 92. Seperti namanya, fitur eksperimental ini memungkinkan pemuatan halaman secara instan saat pengguna menavigasi di antara tab yang terbuka menggunakan "back" atau "forward".

Tapi fitur tersebut hanya berfungsi ketika halaman telah dikunjungi sebelumnya dan sesi ada di cache browser.

Fitur baru ChromeFitur baru Chrome Foto: Techrum

Dalam salah satu dokumen, Google menjelaskan bahwa back-forward cache diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan kinerja secara keseluruhan dengan menjaga halaman yang dikunjungi sebelumnya tetap hidup setelah pengguna menavigasi keluarnya menggunakan tombol back / forward di browser.

Untuk saat ini, pengguna dapat menguji fitur "back-forward cache" dengan mengaktifkan menu flags di Chrome. Sedangkan untuk pengguna umum, belum dipastikan kapan akan dirilis.

Tetapi Google saat ini berencana untuk menguji fitur tersebut dengan sekelompok pengguna tertentu yang menggunakan Chrome 92 atau yang lebih baru. Tapi perlu diketahui kalau fitur serupa sebenarnya telah tersedia di Chrome untuk Android dan Safari selama bertahun-tahun.

Pengguna yang tertarik menjajalnya, saat ini sudah dapat menguji cache mundur / maju dengan mengaktifkan tanda eksperimental. Untuk peluncuran umum, tanggal rilis yang tepat belum diumumkan, tetapi Google saat ini berencana untuk menguji fitur tersebut dengan sekelompok pengguna tertentu dengan Chrome 92 atau yang lebih baru.



Simak Video "Tampilan Baru Logo Ikon Gmail hingga Chrome"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)