Fitur Baru Grab Mudahkan Komunikasi Merchant dengan Pengguna

Fitur Baru Grab Mudahkan Komunikasi Merchant dengan Pengguna

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 21:41 WIB
Aplikasi Grab
Fitur Baru Grab Mudahkan Komunikasi Merchant dengan Pengguna Foto: Shutterstock
Jakarta -

Grab terus mengembangkan banyak fitur baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan mitranya. Salah satunya adalah fitur chatting dengan pengguna lewat aplikasi GrabMerchant.

Dengan fitur ini, merchant bisa langsung berkomunikasi dengan pengguna. Misalnya, merchant GrabFood bisa langsung memberitahu pengguna kalau ada menu atau bahan yang tidak tersedia, tanpa harus lewat driver sebagai perantara.

"Pesanan yang salah atau kurang adalah salah satu dari lima masalah konsumen teratas kami," kata Head of Product Merchants Grab Shashank Kohli, dalam sesi Grab Tech Insider, Kamis (27/5/2021).

"Maka dengan membangun fitur chat ini, kami berharap bisa memfasilitasi percakapan antara merchant dan konsumen untuk meningkatkan pengalaman kedua belah pihak," sambungnya.

Saat ini fitur tersebut masih dikembangkan oleh Grab dan akan digulirkan ke semua negara tempat Grab beroperasi dalam waktu dekat.

Ini hanya satu dari sederet fitur yang sedang dikembangkan Grab untuk meningkatkan kinerja merchant di platform-nya. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini juga menghadirkan fitur yang memudahkan merchant GrabFood untuk melihat menu yang populer dan membuat menu kombo dari daftar menu populer.

Selain itu, dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI), Grab juga membantu merchant GrabFood untuk memilih foto yang berkualitas tinggi dan menarik.

Algoritma Grab ini bisa mendeteksi foto yang berkualitas rendah, misalnya kabur, melar atau tidak terkait dengan makanan. Saat ini fitur tersebut memiliki akurasi 85% dalam mendeteksi foto, dan sedang ditingkatkan hingga 95%.

"Ketika ada foto berkualitas jelek yang dideteksi, algoritma kami akan memberi tahu merchant secara langsung. Sistem kami juga bisa memperbaiki foto jika AI mengidentifikasi foto yang melar," pungkas Kohli.



Simak Video "Mulai Tahun Depan, Grab Pengin Latih Mitranya Biar Jago Bahasa Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)