Kode Keamanan 2FA Instagram Akan Dikirim Ke WhatsApp

Kode Keamanan 2FA Instagram Akan Dikirim Ke WhatsApp

Josina - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 11:18 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Instagram berencana untuk mengirimkan kode verifikasi keamanan 2FA (two-factor authentication) melalui WhatsApp. Hal ini diungkapkan oleh leaker dan analis aplikasi Alessandro Paluzzi.

Meskipun fitur ini masih dalam tahap pengembangan namun dalam cuitan Paluzzi yang menunjukkan tangkapan gamba fitur tersebut dalam dilihat cara kerjanya di mana pengguna dapat mengaktifkan kode keamanan 2FA dengan mengalihkan pesan SMS ke WhatsApp sebagai penerima kode 2FA.

Instagram hanya mengizinkan metode 2FA melalui aplikasi autentikasi, pesan teks, permintaan masuk (log-in), dan kode cadangan.

Dilansir detiKINET dari 9to5mac, Senin (24/5/2021) fitur ini bersifat opsional di mana pengguna dapat memutuskan untuk mengaktifkan atau tidak atau hanya menggunakan aplikasi khusus autentikasi yang mungkin jauh lebih aman.

Dengan WhatsApp yang bekerja untuk mendukung multi-perangkat, itu akan menjadi alternatif yang bagus untuk menerima kode 2FA untuk masuk ke Instagram dari web bahkan jika perangkat utama pengguna mati.

Hal ini juga menarik karena menunjukkan bagaimana Facebook mulai mendekatkan lebih banyak layanannya. Di masa lalu, semua layanan Facebook terpisah satu sama lain jadi langkah menggunakan WhatsApp adalah cara terbaik bagi Facebook untuk memanfaatkan produknya dan juga dapat mendorong mereka yang tidak memiliki WhatsApp untuk mendaftar akun di WhatsApp.

Karena masih dalam tahap pengembangan belum ada informasi detail kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna Instagram di iOS dan Android.



Simak Video "Facebook hingga Instagram Sempat Down, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)