5 Aplikasi Rekomendasi untuk Hitung Zakat

5 Aplikasi Rekomendasi untuk Hitung Zakat

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 10 Mei 2021 13:35 WIB
Selective focus of rice and calculator on wooden background.
Aplikasi kalkulator zakat, untuk menghitung pengeluaran zakat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Mohamad Faizal Bin Ramli
Jakarta -

Mendekati Idul Fitri 1442 H, pastikan kamu sudah membayar zakat untuk diri sendiri dan keluarga. Tidak perlu susah-susah, kini sudah banyak aplikasi untuk menghitung zakat sekaligus menyalurkannya.

Dirangkum detikINET, berikut ini adalah aplikasi kalkulator zakat yang memudahkan umat muslim dalam menjalankan kewajibannya. Ayo buruan, sebelum Ramadhan berakhir.

1. KitaBisa

Aplikasi ini ternyata juga bisa dipakai selain untuk menggalang dana. Diperbaharui awal April 2021, pengguna bisa memakai fitur Kalkulator Zakat yang dapat dipergunakan dalam menghitung zakat maal, profesi dan penghasilan. Zakat bisa disalurkan ke berbagai badan amal semisal Rumah Zakat (RZ), Dompet Dhuafa, hingga BAZNAZ.

2. Kalkulator Zakat Terbaik

Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik mendapatkan lebih dari 10 ribu pengunduh di Android. Kemungkinan dikarenakan tampilannya yang mudah dan fitur penghitung zakatnya juga lengkap mulai penghasilan, tabungan, perdagangan, dan emas. Tak ketinggalan terdapat fitur kajian zakat yang dikhususkan untuk membahas segala sesuatu terkait zakat.

3. Zakatpedia

Zakatpedia merupakan aplikasi pembayaran untuk penggalangan dana, infaq, sedekah, dan zakat secara online yang diurus langsung oleh LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia. Terdapat banyak pilihan zakat antara lain zakat emas, zakat aset, zakat hadiah, zakat pendapatan, zakat perternakan, tabungan zakat, sampai fidyah, infaq dan sedekah. Pengguna akan diberikan informasi mengenai hukum, ketentuan dan cara menghitungnya. Tentu saja, tersedia fitus kalkulator zakat.

4. ZakatPal

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan dengan mudah menampilkan kalkulator zakat emas, zakat perak, zakat perniagaan, zakat hasil bumi, zakat hewan ternak, sampai barang temuan (rikaz).

5. Aplikasi Zakat (IsiZakat)

Ada tiga fitur yang terdiri dari Zakat Fitrah, Zakat Maal, dan Info Zakat. Pada fitur Zakat Fitrah, pengguna disuguhkan perhitungan Zakat seperti Harga Beras Saat Ini, Zakat Fitrah Per Jiwa, Total Jiwa Yang Membayar Zakat, dan tombol Lihat Zakat Anda.

Sedangkan untuk fitur Zakat Maal terbagi lagi dalam beberapa kategori seperti Zakat Harta, Perusahaan, Emas Perak, Pertanian, dan Peternakan. Untuk fitur Info Zakat berisikan penjelasan mengenai pengertian zakat, niat saat melakukan zakat, dan dalil zakat.



Simak Video "Seputar Zakat Fitrah Online, Hukum dan Keabsahannya Menurut BAZNAS"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)