Facebook Minta Pengguna Aktifkan Pelacakan di iOS

Facebook Minta Pengguna Aktifkan Pelacakan di iOS

Josina - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 15:25 WIB
Ilustrasi Facebook
Foto: Reuters
Jakarta -

Dengan dirilisnya iOS 14.5 Apple telah memperkenalkan fitur Tracking Transparency atau Tranparansi Pelacakan yang akan memberi pengguna pilihan untuk menentukan apakah mereka ingin aplikasi yang mereka unduh dapat melacaknya atau tidak.

Meski pilihan tersebut tidak menghentikan pelacakan sepenuhnya namun dengan pengguna dapat memilih pengaturan tersebut merupakan langkah yang dinilai baik bagi apple terkait privasi pengguna.

Di sisi lain Facebook pun berharap pengguna iOS mengizinkan layanannya dapat melacak mereka. Hal ini diungkapkan oleh peneliti Ashkan Soltani yang melihat Facebook dan Instagram menampilkan pesan pop-up kepada pengguna yang telah menginstall iOS 14.5 di perangkat mereka.

Tampilan pesan Facebook untuk pengguna iOS.Tampilan pesan Facebook untuk pengguna iOS. Foto: Facebook

Dalam pesan pop-up tersebut Facebook dan Instagram mendorong pengguna untuk mengaktifkan pelacakan aplikasi untuk aplikasi mereka.

Pada dasarnya, Facebook dan Instagram meminta agar pengguna tetap mengaktifkan pelacakan aplikasi untuk menjaga layanan mereka tetap gratis. Hal ini seolah Facbeook menyiratkan bahwa jika pengguna iOS tetap menonaktifkan pelacakan kemungkinan di masa mendatang pengguna yang menggunakan layanan Facebook akan berbayar.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Senin (3/5/2021) Apple sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka akan melarang aplikasi yang mencoba memberi penghargaan kepada pengguna yang mengaktifkan pelacakan aplikasi.



Simak Video "Donald Trump Dilarang Kembali ke Media Sosial!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)