iMessage Sempat Akan Hadir di Android, Tapi...

iMessage Sempat Akan Hadir di Android, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 28 Apr 2021 11:45 WIB
imessage iphone
iMessage sempat akan dihadirkan untuk Android. Foto: Istimewa
Jakarta -

Apple ternyata sempat ingin menghadirkan layanan pesannya, iMessage, untuk perangkat Android. Tapi niatan tersebut gagal dilakukan.

Hal itu diungkap Epic Game ketika mempresentasikan dokumen yang menunjukkan bagaimana Apple dapat memperluas ketersediaan iMessage ke Android tetapi memutuskan tidak melakukannya sebagai bentuk penguncian platform.

Dalam dokumen tersebut dipaparkan salah satu eksekutif Apple, Eddy Cue - saat ini Senior Vice President of Internet Software and Services - mendorong untuk menghadirkan iMessage ke Android pada awal 2013. Dia bahkan ingin mengerahkan tim khusus untuk merealisasikannya.

"Kita benar-benar perlu menghadirkan iMessage ke AndroidSaya telah meminta beberapa orang menyelidiki ini, tetapi kita harus bekerja dengan kecepatan penuh dan menjadikan ini proyek resmi," tulis Cue di email.

Niatan Eddy tersebut sebagai respons atas rumor Google akan mengakusisi WhatsApp. Dia khawatir raksasa pencarian internet bakal menjadi penguasa layanan perpesanan dunia, sehingga iMessage akan kehilangan daya tariknya.

Sayangnya apa yang ingin Eddy lakukan mendapat respon negatif dari Craig Federighi (saat ini Senior Vice President Software Engineering Apple). Dalam pertukaran email, Federighi menyiratkan bawah iMessage lintas platform akan menghambat orang tua yang ingin memberikan anak-anaknya iPhone dan memilih Android karena harganya lebih murah.

"Dengan tidak adanya strategi untuk menjadi layanan pesan utama bagi sebagian besar pengguna ponsel, saya khawatir iMessage di Android hanya akan berfungsi untuk menghilangkan hambatan bagi keluarga iPhone yang memberikan ponsel Android kepada anak-anak mereka," tulis Federighi dalam email balasan.

Untungnya Google tidak jadi mencaplok WhatsApp dan mereka tidak benar-benar konsisten akan layanan perpesanan. Pun begitu eksklusivitas iMessage saat ini tidak lagi memiliki manfaat besar bagi Apple sendiri, mengingat pilihan layanan pesan instan yang tak kalah aman dan kaya fitur.

Namun keeksklusifan iMessage dimanfaatkan Epic Games sebagai contoh bagaimana praktik monopoli Apple tetap berkuasa.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)